Teknik Agar Bangunan Aman, Tahan Lama, dan Tidak Bocor

Minggu, 12 Desember 2021 - 11:46 WIB
loading...
Teknik Agar Bangunan  Aman, Tahan Lama, dan Tidak Bocor
Teknik pengecoran dalam sebuah bangunan. FOTO/ ISt
A A A
JAKARTA - Teknik membuat bangunan agar kuat, tahan lama dan tidak bocor sudah diterapkan sejak berabad-abad lalu. Seperti Piramida, Candi Borobudur, Tembok China hingga saat ini masih terus diteliti gimana bangunan tersebut bisa kuat dan aman.

Namun saat ini jika ingi membuta bangunan yang kuat dan kukuh telah tersedia berbagai macam bahan bangunan yang kita inginkan. Namun apabila j proses pengecoran beton tersebut saat pembuatan rumah tidak dilakukan dengan sempurna maka dapat menyebabkan masalah saat musim hujan yakni kebocoran.



Pembentukan dek beton itu sendiri biasanya melalui proses pengecoran dengan unsur material seperti semen, pasir, kerikil, air, aditif beton serta bidang yang telah disiapkan dengan tulangan beton untuk memperkuat struktur bangunan.

Pembangunan rumah dengan atap beton bukan merupakan hal yang sulit dilakukan, namun tetap menjadi sebuah biaya investasi tempat tinggal bagi keluarga sehingga tetap perlu diperhatikan proses dan bahan-bahan pengecorannya.

Berikut beberapa penyebab dak beton bocor:

1. Pengecoran beton yang tidak sempurna

Perbandingan campuran bahan yang tidak sesuai juga dapat membuat beton tidak sempurna. Ada kalanya beton yang dicor bergumpal, daya alir yang kurang bagus sehingga beton tidak memenuhi seluruh bidang pengecoran.

Hal ini juga dapat menimbulkan rongga dalam coran bahkan berakibat beton keropos. Untuk itu diperlukan aditif beton seperti misalnya Betonmix penggunaannya cukup 1 persen dari semen yang digunakan.

2. Hasil coran yang tidak memenuhi standar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)