8 Negara Paling Rawan Gempa di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Kamis, 23 Desember 2021 - 14:33 WIB
loading...
A A A
5. Jepang
8 Negara Paling Rawan Gempa di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Seperti Indonesia, Jepang berada di dekat Cincin Api Pasifik yang membuatnya sangat rentan terhadap bencana gempa bumi. Pergerakan dan tumbukan lempeng benua dan samudera di dalam dan sekitar Jepang bertanggung jawab atas bencana ini. (Baca juga; 12 Hari Berwisata ke Luar Angkasa, Miliarder Jepang Kembali ke Bumi )

Jepang berada pada pertemuan empat lempeng tektonik yang berbeda, yaitu lempeng Amerika Utara, lempeng Pasifik, lempeng Filipina, dan lempeng Eurasia. Pergerakan dan subduksi lempeng Filipina dan Pasifik di bawah dua lempeng lainnya menyebabkan gempa bumi.

6. Peru
8 Negara Paling Rawan Gempa di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Peru berada di pertemuan antara lempeng Amerika Selatan dan Nazca. Pergerakan lempeng Amerika Selatan yang terakhir terekam berkecepatan 77 mm per tahun memicu gempa bumi patahannya mendorong antarmuka kedua lempengan.

Aktivitas vulkanisme di Peru membentuk Palung Peru–Chile dan Pegunungan Andes terbentuk akibat aktivitas tektonik pergerakan kedua lempeng tersebut. (Baca juga; Prediksi Ancaman Tsunami Lebih Cepat, Ilmuwan Deteksi Lewat Perubahan Medan Magnet )

7. Amerika Serikat
8 Negara Paling Rawan Gempa di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Bagian dari pantai barat Amerika Serikat berada di Cincin Api Pasifik. Lempeng tektonik juga aktif di wilayah tersebut. Batas dinamis lempeng Pasifik dan Amerika Utara mengakibatkan banyak terjadi gempa bumi, terutama di Alaska dan California.

Di California, Patahan San Andreas membentang jauh di atas negara bagian itu sehingga sangat rentan terhadap bencana. (Baca juga; Pantai Oregon Diteror 55 Guncangan Gempa, Ilmuwan Minta Tidak Khawatir )

8. Italia
8 Negara Paling Rawan Gempa di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Di Italia, terutama bagian selatan paling rentan terhadap gempa bumi karena pertemuan lempeng Eurasia dan Afrika. Sebagian besar gunung berapi paling berbahaya di Italia, seperti Etna, Vesuvius, dan Stromboli berada di wilayah ini. (Baca juga; Mirip Bom Hiroshima, Gelombang Panas Gunung Vesuvius di Pompeii Bikin Meleleh Kota Herculaneum )

Negara Lain yang Sangat Rawan Gempa
Afganistan dan India juga sangat rawan gempa akibat aksi lempeng tektonik. Lempeng India terus bergerak ke utara menabrak lempeng Eurasia. Ini merupakan penyebab utama gempa bumi di anak benua India. Yunani dan Meksiko juga rentan terhadap gempa bumi.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)