Jalan Satu Arah, Elektron Percepat Proses Data Nirkabel

Kamis, 23 April 2020 - 09:30 WIB
Jalan Satu Arah, Elektron Percepat Proses Data Nirkabel
Elektron dapat diperlakukan seperti partikel yang memantul dari dinding. Jika elektron terkandung dalam kawat dan simetri yang rusak, elektron dapat disalurkan dalam satu arah dan diblokir pada sisi lain sehingga menciptakan dioda listrik. Kredit: J. Cus
LONDON - Para peneliti di Universitas Carolina Utara (UNC) di Chapel Hill membuat jalan satu arah untuk elektron. Metode satu arah dapat membuka kemampuan perangkat untuk memproses data nirkabel berkecepatan tinggi dan secara bersamaan memanen energi untuk daya.

Para peneliti melakukan ini dengan membentuk silikon pada skala mikroskopis. Silikon akan membentuk corong atau yang disebut ratchet untuk jalan elektron.

Metode yang digunakan dapat mengatasi keterbatasan kecepatan teknologi, yang sebelumnya cenderung memperlambat kerja perangkat dengan menghapus proses antarmuka. Ini menjadikan proses pengiriman menjadi lebih cepat.

"Pekerjaan ini menarik karena memungkinkan di masa depan, di mana hal-hal seperti jam tangan pintar berdaya rendah secara nirkabel dibebankan dari data yang telah mereka terima tanpa perlu meninggalkan pergelangan tangan seseorang," kata James Custer Jr., mahasiswa doktoral di Fakultas Seni & Sains UNC-Chapel Hill, dikutip dari Scitechdaily.

Pada saat elektron membawa arus listrik, biasanya tidak peduli dengan bentuk kawat yang menjadi tempat arus mengalir. Namun, ketika segalanya menjadi sangat kecil, bentuk mulai penting.

Ratchet buatan mereka ini sangat kecil dan satu juta kali lebih kecil dari kabel listrik biasa. Akibatnya, elektron di dalam berperilaku seperti bola biliar yang memantul dengan bebas dari permukaan.

Bentuk ratchet asimetris menyebabkan elektron memantul secara istimewa dalam satu arah. Ini merupakan paksaan bagi elektron agar berjalan satu arah.

Di bawah tegangan arus searah, ratchet memudahkan arus mengalir dalam arah maju daripada arah terbalik. Proses ini akan menciptakan dioda listrik.

Ketika arus bolak-balik (AC) diterapkan, strukturnya masih memungkinkan arus mengalir dalam satu arah yang berperilaku sebagai ratchet dan menyebabkan elektron menumpuk di satu sisi. Ini seperti kunci pas soket, dimana ratchet memaksa untuk menghasilkan gerakan fisik hanya dalam satu arah.

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa ratchet elektron ini menciptakan dioda geometrik yang dapat beroperasi pada suhu kamar. Ia juga dapat membuka kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam rezim terahertz ilusif.