Jalan Satu Arah, Elektron Percepat Proses Data Nirkabel

Kamis, 23 April 2020 - 09:30 WIB
loading...
A A A
"Dioda listrik adalah komponen dasar elektronik dan hasil kami menunjukkan mungkin ada paradigma yang sama sekali berbeda untuk desain dioda yang beroperasi pada frekuensi sangat tinggi," kata James Cahoon, seorang profesor kimia.

Ia menambahkan bahwa hasil yang diperoleh karena para peneliti menciptakan struktur dari bawah ke atas menggunakan proses sintesis. Proses itu menghasilkan bahan kristal tunggal yang akurat secara geometris.

Para peneliti menciptakan ratchet elektron dari proses yang sebelumnya dikembangkan oleh kelompok Cahoon yang disebut ENGRAVE. ENGRAVE merupakan singkatan dari Pertumbuhan dan Penampilan Nanowire yang Dikodekan melalui VLS dan Etching. ENGRAVE menggunakan proses uap cair padat.

Dalam proses kimia, ENGRAVE dapat menumbuhkan silinder kristal tunggal silikon yang disebut kawat nano. Lebih tepatnya didefinisikan dengan geometri.

"Banyak pekerjaan di bidang ini yang sebelumnya telah dilakukan dengan bahan mahal pada suhu cryogenic, tetapi pekerjaan kami menyoroti bahwa dioda geometrik yang dibuat dengan silikon murah dapat berfungsi pada suhu kamar. Ini bahkan mengejutkan kami pada awalnya," kata Custer.

Dioda adalah tulang punggung untuk semua teknologi. Ia memungkinkan komputer untuk memproses data dengan menyandikan sinyal sebagai 1s dan 0s.

Secara tradisional, dioda membutuhkan proses antarmuka antara bahan seperti semikonduktor tipe-n dan tipe-p atau semikonduktor dan logam. Sebaliknya, dioda geometrik yang terbuat dari bahan tunggal cukup menggunakan bentuk (ratchet) untuk mengarahkan muatan secara istimewa dalam satu arah.

Dengan pengembangan yang berkelanjutan, para peneliti menekankan bahwa ratchet nanowire dapat membuka jalan satu arah kecepatan tinggi menuju teknologi baru. "Kami berharap hasil kami memicu gelombang minat pada dioda geometris," tambah Custer.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)