10 Menit Jogging Bisa Bikin Lebih Bahagia dan Meningkatkan Kinerja Otak

Sabtu, 25 Desember 2021 - 08:18 WIB
10 Menit Jogging Bisa Bikin Lebih Bahagia dan Meningkatkan Kinerja Otak
Jogging dengan intensitas sedang sampai cepat selama 10 menit setiap hari ternyata dapat meningkatkan mood kebahagiaan dan berpikir lebih cepat. Foto/studyfinds
TSUKUBA - Jogging dengan intensitas sedang sampai cepat selama 10 menit setiap hari ternyata dapat meningkatkan mood kebahagiaan dan berpikir lebih cepat. Penelitian ini menunjukkan bahwa berlari secara rutin merupakan solusi sederhana menjaga tubuh tetap sehat dan membuat kinerja otak tetap prima.

Para ilmuwan Universitas Tsukuba, Jepang, mengatakan berlari selama 10 menit dengan intensitas sedang setiap hari meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang mengatur suasana hati dan kemampuan kita untuk melakukan tugas mental yang kompleks. Penemuan ini juga dapat menjadi rekomendasi yang lebih luas untuk membantu dan merawat orang dalam menjaga kesehatan mental mereka. (Baca juga; Kebangetan, Mobil Patwal Polda Bali Kawal Orang Jogging di Jalan Raya )

Untuk menguji hipotesis ini, para ilmuwan menggunakan tes Stroop Color-Word – yang mengukur kemampuan seseorang untuk memproses informasi yang kontradiktif – untuk menangkap perubahan aktivitas otak saat melakukan aktivitas yang berbeda. Tim peneliti mengukur dengan parameter yang disebut "efek gangguan Stroop" berdasarkan perbedaan waktu respons antara orang yang melakukan aktivitas berbeda.

Setelah 10 menit berlari dengan intensitas sedang, kesenjangan dalam waktu respons menyempit dan bagian otak yang mengatur suasana hati dan pemikiran (korteks prefrontal bilateral) menjadi lebih aktif. Orang yang melakukan aktvitas berlari juga dilaporkan memiliki suasana hati yang lebih baik.

"Ini didukung oleh temuan aktivasi di kortikal prefrontal yang terlibat dalam regulasi suasana hati," kata Chorphaka Damrongthai, salah satu peneliti dalam rilis Universitas Tsukuba dikutip SINDOnews dari laman studyfinds, Sabtu (25/12/2021). (Baca juga; Begini Penjelasan Lagu Sedih di Album Adele 30 Bisa Bikin Hati Lebih Lega )

Studi sebelumnya telah menemukan olahraga mengangkat semangat kita, tetapi sebagian besar laporan ini berfokus pada bersepeda. Penelitian ini membuktikan bahwa berlari selalu penting bagi kesehatan dan kebahagian manusia. Sebab, berlari mengaktifkan bagian otak yang mengatur suasana hati dan fungsi otak eksekutif.

“Berlari meningkatkan kontrol eksekutif yang diperlukan mengoordinasikan keseimbangan, gerakan, dan daya dorong. Logis bahwa akan ada peningkatan aktivasi saraf di korteks prefrontal dan fungsi lain di wilayah ini akan bermanfaat meningkatkan kinerja daya otak,” tambah Profesor Hideaki Soya.