9 Penemuan Koin Paling Menakjubkan 2021, Nomor 4 Perak Arab Rampasan Bajak Laut

Jum'at, 31 Desember 2021 - 17:36 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Maret, para arkeolog mendapat penemuan fantastis di sebuah kuburan wanita paruh baya dari abad ke-5 yang dikelilingi emas dan permata berharga. Ada beberapa kuburan yang ditemukan di daerah itu, tetapi semuanya telah dijarah. (Baca juga; Menara Kuno dan Koin Zaman Raja Henry VI Ditemukan di Bawah Kastil Auckland )

Di kuburan itu, para arkeolog menemukan tulang, manik-manik kaca dan hiasan kepala emas bertatahkan permata mulia. Empat gesper, juga dihiasi dengan batu mulia, tetap berada di kerangka, sisa dari pakaian atau pembungkus jenazah wanita itu di kuburannya.

4. Koin Perak Arab Hasil Rampasan Bajak Laut
9 Penemuan Koin Paling Menakjubkan 2021, Nomor 4 Perak Arab Rampasan Bajak Laut


Segenggam koin perak yang ditemukan di New England mungkin dibawa oleh salah satu bajak laut paling terkenal masa itu. Koin perak Arab ditemukan di Pulau Aquidneck, selatan Providence, Massachusetts diperkirakan berasal dari akhir tahun 1600-an.

Diperkirakan bajak laut Henry Every dan krunya menjarah kapal harta karun Mughal Ganj-i-sawai pada tahun 1695 dan merampas koin dan kekayaan lainnya. Bagian harta berharga lainnya dari jarahan Ganj-i-sawai masih belum ditemukan. (Baca juga; UEA Temukan Koin Langka Islam Kuno Umur Ratusan Tahun dari Dinasti Abbasiyah )

5. Koin Emas dari Black Death
9 Penemuan Koin Paling Menakjubkan 2021, Nomor 4 Perak Arab Rampasan Bajak Laut


Dua koin emas bengkok dan lecet yang ditemukan di Norfolk County, Inggris, dikeluarkan oleh Raja Edward III pada saat Black Death melanda negara itu. Koin-koin tersebut, yang ditemukan oleh seorang detektor logam, merupakan bagian dari upaya untuk memperkenalkan kembali koin emas ke Inggris setelah berabad-abad menggunakan perak. (Baca juga; Israel Bongkar Harta Karun 2 Bangkai Kapal Romawi, Temukan Permata Gembala yang Baik )

Salah satunya, yang dikenal sebagai "Macan Tutul", adalah 96% emas murni dan merupakan bagian dari serangkaian koin yang hanya diterbitkan antara Januari dan Juli 1344, membuatnya menjadi penemuan langka. Mata uang itu gagal karena terlalu mahal untuk diproduksi dan dinilai terlalu tinggi dibandingkan dengan perak. Kepingan emas itu setara dengan USD16.700 saat ini atau Rp237,5 miliar.

6. Koin Emas Persembahan Romawi di Tepi Sungai Belanda
9 Penemuan Koin Paling Menakjubkan 2021, Nomor 4 Perak Arab Rampasan Bajak Laut


Lebih dari 100 koin era Romawi yang ditemukan di tepi sungai di Belanda kemungkinan besar merupakan persembahan untuk saat mengarungi perjalanan. Pemburu harta karun amatir menemukan 107 koin, banyak dihias dengan simbol militer, di tepi Sungai Aa dekat Kota Berlicum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)