Inilah 7 Kota Indah yang Juga Terkenal dengan Baunya

Jum'at, 28 Januari 2022 - 12:33 WIB
loading...
Inilah 7 Kota Indah yang Juga Terkenal dengan Baunya
Ada kota-kota di dunia yang populer karena baunya. Mulai dari Rotorua di Selandia Baru, hingga Mumbai, India. Foto: ist
A A A
INDIA - Ada banyak kota di dunia yang populer karena ciri khasnya. Entah itu dari arsitektur bangunan, penampilan orang-orangnya, makanan, hingga tempat wisata.

Tapi, bagaimana jika ada kota-kota di dunia yang populer karena baunya. Ya, ternyata ada kota yang dijuluki sebagai kota terbau di dunia karena aromanya yang khas dan menyengat.

Wah, kira-kira bau apa ya? Sanggupkah Anda mengunjunginya? Dilansir MNC Portal dari laman Tourism Review pada Jumat (28/1), berikut 7 kota paling bau di dunia.



Rotorua, Selandia Baru
Inilah 7 Kota Indah yang Juga Terkenal dengan Baunya

Rotorua terletak di dekat banyak sumber air panas dan geyser. Oleh karena itu, saat berada di kota ini untuk pertama kalinya, Anda pasti akan mencium bau telur busuk. Akibat bau yang sangat menyengat ini, kota ini bahkan dijuluki kota belerang.

Yang menarik sebenarnya adalah bahwa penduduk setempat begitu terbiasa sehingga mereka memberi tahu pengunjung bahwa baunya akan menyengat ketika mereka melewatinya, namun penduduk ini mengabaikannya.

Mombasa, Kenya
Inilah 7 Kota Indah yang Juga Terkenal dengan Baunya

Mombasa ada di sepanjang pantai Samudra Hindia. Bau di Mombasa berasal dari bahan akhir yang digunakan untuk menyelesaikan bangunan dan patung.

Sebagian besar bangunan dan patung di Mombasa memakai terakota. Karena matahari tropis, terakota dijemur dan mengeluarkan bau khas saat hujan.

York, Inggris
Inilah 7 Kota Indah yang Juga Terkenal dengan Baunya

Kota ini tak jauh dari pabrik Nestle Rowntree. Oleh karena itu, aroma cokelat manis menyusup ke kota ketika angin bertiup ke arah kota dari arah pabrik. Bahkan dewan pariwisata daerah itu membuat kampanye bernama Smell York.

Edinburgh, Skotlandia
Kota ini jadi rumah bagi banyak pabrik dan penyulingan. Oleh karena itu, di kota ini bau alkohol adalah hal lumrah. Bahkan, pada 2009, salah satu penyulingan bernama North British Distillery dibuat untuk menjinakkan bau dengan menggunakan apa yang disebut sebagai ”menara pengontrol bau”.

Buffalo, New York
Kota ini adalah rumah bagi produsen Cheerios, pabrik General Mills. Buffalo memiliki aroma oat panggang. Menariknya, penduduk setempat sangat menyukai baunya, bahkan menjual T-shirt tentang Cheerios.

Fes, Maroko
Saat berada di Fez, Anda akan mencium bau yang sangat kuat di mana-mana. Bahkan di jalanan yang sangat sempit. Rupanya, Fez adalah rumah bagi penyamakan kulit tertua di dunia dan masih berfungsi.

Mumbai, India
Menurut para ahli, bau kota Mumbai kombinasi bau laut yang asin, bau knalpot motor, AC, busuk tropis, minyak goreng kelapa sawit, hingga banyak rempah-rempah India.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)