Planet Uranus Keluarkan Bau Busuk seperti Kentut

Kamis, 18 Januari 2024 - 18:00 WIB
Planet Uranus Keluarkan Bau Busuk seperti Kentut
Bau busuk di Uranus lantaran awan planet tersebut terdiri dari gas hidrogen sulfida. (Foto: Space.com)
JAKARTA - Para ilmuwan mengungkap planet Uranus mengeluarkan bau busuk persis seperti kentut dan telur busuk. Temuan ini bermula dari keluhan para astronot yang kembali dari sana.

Para astronot mengeluhkan baju antariksa yang mereka pakai bau tidak sedap seperti daging terbakar atau serbuk mesiu. Dilansir dari BGR, Kamis (18/1/2024), para ilmuwan lantas mencari tahu fenomena aneh ini.

Menggunakan instrumen yang disebut Near-Infrared Integral Field Spectrometer (NIFS) di teleskop Gemini North di Hawaii, para astronom akhirnya menemukan jawabannya. Bau busuk yang melekat pada baju astronot lantaran awan yang ditemukan di Uranus terdiri dari gas hidrogen sulfida. Gas ini memberikan bau khas dan tidak enak pada telur busuk.

Tapi Uranus bukan satu-satunya tempat yang berbau busuk di luar angkasa. Komet juga memiliki konsentrasi hidrogen sulfida dalam halo gasnya, bersama dengan amonia dan molekul lain yang mengeluarkan bau tidak sedap. Untungnya, ada juga konsentrasi tinggi uap air di dalamnya, sehingga bau-bau tersebut lemah.

Beberapa peneliti juga percaya bahwa Uranus mungkin berbau seperti urine, karena baik Uranus maupun Neptunus bisa memiliki es amonia di awannya, yang akan memberikan aroma busuk lainnya bersama dengan bau telur busuk. Uranus memang sebuah planet yang unik. Tapi yang jelas tempat itu sangat busuk.