Korea Selatan Temukan Jejak Buaya Purba yang Berjalan ala T-Rex

Jum'at, 12 Juni 2020 - 09:25 WIB
loading...
Korea Selatan Temukan Jejak Buaya Purba yang Berjalan ala T-Rex
Gambat buaya purba yang berjalan menyerupai T-Rex ditemukan di Korea Selatan. FOTO/ DAILY
A A A
SEOUL - Buaya purba berusia 120 juta tahun lalu diklaim oleh para ilmuwan Korea Selatan berjalan dengan kaki belakangnya seperti T-Rex.

Analisis dari peninggalan bekas jejak kaki terlihat dengan baik di lokasi penggalian di Korea Selatan dan hal itu dipastikan oleh para ilmuwan bahwa mereka berasal dari spesies buaya purba. BACA JUGA - Ilmuwan Berhasil Kembangkan Embrio Manusia Tanpa Sel Telur Wanita

Spesies buaya purba yang hidup sekitar 120 juta tahun lalu mungkin berjalan dengan dua kaki belakang - sama seperti dinosaurus. BACA JUGA - Fakta-Fakta Baru Tembok Besar China Satu Persatu Terungkap

Pekerjaan mereka didasarkan pada analisis jejak kaki besar dan terpelihara dengan baik yang ditemukan di situs penggalian Sacheon Jahye-ri di Korea Selatan.

Para peneliti pertama kali berpikir jejak fosil kaki berasal dari reptil kuno lain yang dikenal sebagai pterosaurus.
Korea Selatan Temukan Jejak Buaya Purba yang Berjalan ala T-Rex

Tetapi investigasi mengungkapkan jejak kaki memiliki kesan tumit-ke-ujung kaki, yang menurut para paleontologis tidak mungkin dibuat oleh reptil terbang.

Dr Anthony Romilio, dari Universitas Queensland di Australia dan salah satu penulis penelitian, mengatakan: "Di satu lokasi, jejak kaki awalnya dianggap dibuat oleh pterosaurus bipedal raksasa yang berjalan di atas lumpur, kita sekarang memahami bahwa ini adalah bipedal cetakan buaya. " tutur Anthony seperti dilansir dari Daily, Jumat 12/6/2020.

Awalnya tim juga mempertanyakan tidak adanya jejak tangan, mengingat bahwa buaya modern adalah makhluk berkaki empat.

Tetapi detail halus dari ujung jari kaki dan sisik pada sol makhluk yang disimpan di situs tersebut dianggap membuktikan sebaliknya.

Dr Romilio mengatakan: "Jejak kaki berukuran sekitar 24 sentimeter, menunjukkan pembuat trek memiliki kaki yang tingginya sama dengan kaki manusia dewasa.

"Ini adalah hewan panjang yang kami perkirakan memiliki panjang lebih dari tiga meter."
Jejak kaki berukuran sekitar 24cm, menunjukkan reptil memiliki kaki yang tingginya sama dengan kaki manusia .

Sementara itu, Profesor Kyung Soo Kim, dari Universitas Pendidikan Nasional Chinju di Korea Selatan, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa jejak kaki menunjukkan hewan-hewan itu bergerak dengan cara yang sama seperti banyak dinosaurus berkaki dua, tayangan di situs Sacheon Jahye-ri menunjukkan jejak tumit yang jelas seperti yang dibuat oleh buaya.

"Dinosaurus dan keturunan burung mereka berjalan di atas kaki mereka. Buaya berjalan di atas telapak kaki mereka meninggalkan jejak tumit yang jelas, seperti manusia." tandas Kyung.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)