Pakai Teknologi, Arkeolog Rekonstruksi Patung Kuno Tanpa Kepala di Mesir

Selasa, 08 Februari 2022 - 12:06 WIB
loading...
Pakai Teknologi, Arkeolog Rekonstruksi Patung Kuno Tanpa Kepala di Mesir
Misteri patung tanpa kepala yang ditemukan arkeolog di situs Saqqara, Mesir akhirnya terungkap dengan teknologi canggih. Foto/dok
A A A
KAIRO - Misteri patung tanpa kepala yang ditemukan arkeolog di situs Saqqara, Mesir akhirnya terungkap dengan teknologi canggih. Setelah merekonstruksi, diketahui kalau patung tersebut adalah sosok Imhotep yang dikenal sebagai arsitektur piramida .

Mohammad Youssef, seorang arkeolog dan Direktur Saqqara Antiquities Area dari Supreme Council of Antiquities of Egypt, telah menggali jauh di bawah tanah di dekat struktur ikonik itu selama bertahun-tahun.

Penemuannya dan timnya tentang patung perunggu tanpa kepala diikuti oleh film dokumenter Smithsonian Channel tahun 2021, 'Tomb Hunters'.



“Saya pikir patung ini adalah seorang juru tulis yang duduk di kursinya sambil memegang gulungan papirus di kedua tangannya. Tapi sayangnya itu kehilangan kepalanya," kata Youssef berbicra selama program tersebut, seperti dikutip Express, Selasa (8/2/2022).

Fakta bahwa patung itu terbuat dari perunggu mengejutkan para arkeolog. Karena perunggu adalah logam yang sangat berharga dan digunakan untuk membuat patung dewa dan raja atau orang-orang yang berjasa.

Analisis lebih lanjut, menurut narator film dokumenter tersebut, membuktikan bahwa patung tersebut menggambarkan kalau sosoknya bukan manusia biasa.

Mereka menjelaskan, menggunakan pemodelan komputer untuk menggantikan kepala, patung kecil itu untuk megetahui sosoknya.



"Ini menggambarkan seorang superstar dunia kuno, yang sekarang dapat ditemukan di museum di seluruh dunia, yakni penemu piramida Imhotep," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5420 seconds (0.1#10.140)