Pakai Teknologi, Arkeolog Rekonstruksi Patung Kuno Tanpa Kepala di Mesir

Selasa, 08 Februari 2022 - 12:06 WIB
loading...
A A A
Masyarakat Mesir kuno secara luas menganggap Imhotep sebagai arsitek terbesar dalam sejarah. Imhotep menciptakan desain unik untuk makam firaun, yakni berbentuk piramida.

Pakai Teknologi, Arkeolog Rekonstruksi Patung Kuno Tanpa Kepala di Mesir


Dr Bob Bianchi, seorang Egyptologist, mengatakan Piramida di Saqqara adalah keajaiban yang luar biasa. Ini adalah monumen pertama yang sepenuhnya dibuat dari batu.

Rekan Egyptoligst Aliaa Ismail menambahkan, tidak ada yang tahu apakah pembangunan piramida itu akan berhasil atau tidak, tetapi kemudian ternyata sangat sukses dan berdiri dengan indah sampai hari ini.

"Step Piramida adalah langkah awal untuk pembangunan Piramida Besar di Giza," terangnya.



Berdiri setinggi sekitar 60 meter, piramida berisi labirin terowongan yang panjangnya sekitar enam kilometer. Di dalamnya terdapat ruang untuk pemakaman raja dan anggota keluarganya, serta untuk menyimpan barang dan persembahan.

Semua terowongan yang terhubung ke poros tengah berdiri tujuh meter persegi dan kedalaman 28 meter. Step Piramida menandai titik balik dalam sejarah Mesir dimulainya era baru yang gemilang yang mencakup 450 tahun dan menciptakan dunia tempat Pinomis hidup.

Pengaruh Imhotep berlanjut untuk waktu yang lama setelah kematiannya. Sekitar 2.000 tahun kemudian, statusnya diangkat menjadi dewa pengobatan dan penyembuhan, ini menjelaskan mengapa patungnya terbuat dari perunggu.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3183 seconds (0.1#10.140)