10 Penemuan Arkeologi Paling Spektakuler Sepanjang 2021

Selasa, 28 Desember 2021 - 09:01 WIB
loading...
10 Penemuan Arkeologi Paling Spektakuler Sepanjang 2021
Kota Emas yang Hilang telah terkubur di bawah Luxor selama 3.000 tahun terakhir. Foto: dok/Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir
A A A
JAKARTA - Sepanjang 2021, sejumlah arkeolog dunia menemukan sejumlah peninggalan kuno spektakuler yang mengubah pandangan dunia tentang zaman kuno. Bahkan salah satu penemuan tersebut menjadi yang terbesar sepanjang abad 21 ini.

Beberapa penemuan itu diantaranya, kota emas yang hilang dan geoglyph besar di India. Arkeolog juga menemukan bukti penyaliban yang dilakukan oleh Romawi kuno terhadap seorang budak.

Berikut 10 penemuan arkeologi paling spektakuler yang dikutip dari Live Science:

1. Kota Emas yang Hilang

Para arkeolog telah menemukan "Kota Emas yang Hilang" di dekat Luxor (Thebes kuno) di Mesir. Kota ini dikenal sebagai "The Rise of Aten" dan didirikan oleh firaun Amenhotep III, yang memerintah antara 1391 dan 1353 SM.



Kota ini memiliki banyak rumah, gedung administrasi, toko roti besar, area produksi batu bata lumpur dan beberapa pemakaman. Dokumen sejarah menunjukkan bahwa Amenhotep III memiliki tiga istana kerajaan di kota, dan penggalian arkeologi sedang berlangsung.

Keberadaan kota ini diketahui dari catatan sejarah namun baru ditemukan pada tahun ini. "Banyak misi asing mencari kota ini dan tidak pernah menemukannya," kata Zahi Hawass, mantan menteri negara urusan barang antik dan arkeolog yang memimpin penggalian Kota Emas.

2. Penyaliban Romawi

Di Cambridgeshire, Inggris, para arkeolog menemukan tubuh seorang pria yang disalibkan ketika dia berusia antara 25 dan 35 tahun. Sebuah paku ditemukan menembus setidaknya salah satu tulang tumitnya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)