Ini Efek Bisa Ular Terhadap Darah Manusia yang Dapat Berujung Kematian

Sabtu, 12 Februari 2022 - 14:19 WIB
loading...
A A A


Setiap tahun, hingga lima juta orang di seluruh dunia diperkirakan digigit ular. Dari mereka, sekitar 100.000 meninggal dan 400.000 menjadi cacat. Jumlah korban bisa lebih besar lagi karena banyak negara yang tidak menyimpan data tentang gigitan ular dan penelitian tentang masalah ini.

Satu-satunya cara mengatasi racun gigitan ular adalah dengan serum anti bisa yang ada di rumah sakit. Sayangnya, anti bisa ular mahal dan diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya sedikit orang biasa yang mampu membelinya.

Di beberapa negara, terutama di daerah terpencil di mana layanan kesehatan langka, pengobatan alami sering digunakan untuk mengobati gigitan ular. Tetapi ini sebenarnya hanya menunda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah sakit.



Korban gigitan ular juga tidak boleh menggerakkan anggota tubuhnya kecuali terpaksa, menjaga detak jantung mereka serendah mungkin sampai mereka tiba di rumah sakit sampai menerima perawatan antibisa yang tepat.

Kini para peneliti di Liverpool School of Tropical Medicine sibuk mengumpulkan racun ular mematikan untuk mengembangkan pengobatan anti-bisa generasi baru. Ini untuk menghadapi dampak gigitan ular berbahaya di sub-Sahara Afrika yang telah membunuh sekitar 30.000 orang setiap tahun.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)