Perang Rusia Ukraina, Ini Hal Buruk Jika Moskow Ledakkan Pembangkit Nuklir Chernobyl

Sabtu, 26 Februari 2022 - 11:40 WIB
loading...
Perang Rusia Ukraina, Ini Hal Buruk Jika Moskow Ledakkan Pembangkit Nuklir Chernobyl
Awan raksasa berbentuk jamur yang pernah muncul di langit Kiev di dekat Chernobyl, Ukraina beberapa waktu lalu dan sempat membuat panik warga. Foto/CEN/MNS.gov.ua
A A A
KIEV - Sejumlah ilmuwan mengkhawatirkan dampak pertempuran di Kota Chernobyl akan memengaruhi kekuatan beton yang menahan limbah radioaktif di pembangkit listrik tenaga nuklir yang sudah ditutup itu. Apalagi kalau sampai ada ledakan besar yang bisa membuat limbah radioaktif menyebar hingga Eropa.

Laporan terakhir menyebutkan pasukan Rusia telah merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl. yang masih mengandung limbah nuklir. Saat ini limbah radioaktif dilindungi dengan benteng beton kuat agar radiasi tidak menyebar.

"Tentara kami memberikan hidup mereka sehingga tragedi 1986 tidak akan terulang," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tweeted beberapa jam sebelum pembangkit listrik direbut pasukan Rusia, Kamis 24 Februari 2022.



Dilansir Live Science, Sabtu (26/2/2022), Chernobyl adalah lokasi dari empat reaktor nuklir, tiga di antaranya telah dinonaktifkan. Reaktor keempat adalah sumber ledakan bersejarah pada tahun 1986 yang membuat Chernobyl menjadi kota hantu.



Reaktor itu sekarang dilindungi oleh benteng beton bagian dalam dan cangkang luar baru seberat 32.000 ton. Meskipun reaktor tertutup, radiasi telah mencemari seluruh situs.

Setelah pertempuran antara tentara Rusia dan Ukraina, lusinan elemen radioaktif terlepas ke udara. Beberapa di antaranya dianggap paling berbahaya bagi kehidupan, termasuk isotop yodium 131, strontium 90, cesium 134 dan cesium 137.



Isotop strontium dan cesium memiliki waktu paruh yang cukup lama sehingga mereka masih bertahan di lokasi tersebut, menurut Badan Energi Atom Internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)