Ini Ciri-ciri Buaya Air Asin, Predator Penyergap dengan Rahang Terkuat

Kamis, 17 Maret 2022 - 20:06 WIB
loading...
Ini Ciri-ciri Buaya Air Asin, Predator Penyergap dengan Rahang Terkuat
Di Indonesia, buaya air asin dikenal sebagai buaya muara yang yang habitatnya terbesar kedua di dunia setelah Australia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri buaya air asin jika dilihat dari bentuknya, memiliki ukuran yang paling besar dari buaya lainnya. Beberapa ciri lain adalah, buaya air asin juga lebih menyukai mencari makan di malam hari.

Di Indonesia, buaya air asin dikenal sebagai buaya muara yang lebih banyak hidup di sungai yang berbatasan langsung dengan laut. Keberadaan buaya air asin di Indonesia terbesar kedua di dunia setelah Australia.

Tak hanya di muara atau sungai air tawar, buaya ini juga dapat ditemukan di laut lepas. Kendati bisa berenang di laut namun buaya ini dikenal sebagai perenang yang buruk.

Berikut ciri-ciri buaya air asin yang dikutip dari The Animal Files:



1. Buaya Terbesar

Buaya air asin memiliki panjang tubuh antara 5 hingga 7 meter dan beratnya antara 400 dan 700 kilogram. Ukuran buaya jantan akan jauh lebih besar dari buaya betina.

BACA: 9 Jenis Buaya yang Ada di Indonesia, Nomo 7 Suka Memangsa Manusia

Mereka berwarna abu-abu atau coklat dan mereka memiliki tubuh yang lebar dan berat dengan kepala besar. Rahang mereka kuat dan mereka memiliki anggota badan yang pendek dan kuat.

Buaya ini memiliki tonjolan yang membentang dari mata ke hidung dan ciri ini sangat menonjol pada buaya yang lebih tua.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1380 seconds (10.177#12.26)