7 Pesawat Tempur Supersonik yang Dimiliki AS dan Rusia, Ini Keunggulannya

Selasa, 22 Maret 2022 - 07:38 WIB
loading...
7 Pesawat Tempur Supersonik yang Dimiliki AS dan Rusia, Ini Keunggulannya
Saat ini teknologi pesawat tempur sudah semakin maju, tak hanya dilengkapi radar canggih, pesawat tempur modern juga dibekali dengan kecepatan supersonik dan teknologi siluman. Foto/US Air Force
A A A
JAKARTA - Perang di Ukraina terus memanas, sejumlah pakar militer memperkirakan perang ini akan memasuki fase baru yang lebih mengerikan. Dikhawatirkan Rusia akan menggunakan senjata pemusnah massal dan akan dibalas Amerika Serikat dan NATO dengan serangan serupa.

Karena diketahui Rusia memiliki teknologi perang yang mengerikan, termasuk rudal jelajah dan pesawat tempur canggih. Begitu juga dengan Amerika Serikat yang memiliki kehandalanserupa dibidang teknoogi militer.

Saat ini teknologi pesawat tempur sudah semakin maju, tak hanya dilengkapi radar canggih, pesawat tempur modern juga dibekali dengan teknologi siluman. Pesawat tempur modern juga dilengkapi dengan kemampuan manuver yang luar biasa untuk melakukan serangan mendadak.



Di samping teknologi canggih yang dimilikinya, Amerika Serikat dan Rusia juga berlomba-lomba membuat pesawat tempur dengan kecepatan supersonik. Berikut 7 pesawat supersonik yang dimiliki Amerika Serikat dan Rusia sejak era perang dingin.

1. F-35 Lightning II

7 Pesawat Tempur Supersonik yang Dimiliki AS dan Rusia, Ini Keunggulannya


F-35 Lightning II adalah jet tempur generasi berikutnya milik militer AS, yang disebut-sebut sebagai pesawat tempur paling canggih dari jenisnya yang pernah dikembangkan.

Pesawat berkursi tunggal bermesin tunggal ini memiliki kemampuan siluman canggih, dikombinasikan dengan avionik dan sensor yang ditingkatkan.

F-35 memiliki kecepatan maksimum Mach 1.6, yaitu 1,6 kali kecepatan suara, atau sekitar 1.200 mph (1.930 km/jam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5579 seconds (0.1#10.140)