Viral Video Biawak Masuk Rumah, Ini 8 Fakta tentang si Komodo Mini

Selasa, 05 April 2022 - 05:32 WIB
loading...
A A A
5. Pandai Memanjat
Biawak sangat pandai memanjat dan berenang. Di hutan bakau, biawak kerap mencuri telur atau memangsa anak burung. Biawak juga termasuk hewan pintar. Mereka mampu mengingat dengan baik tempat persembunyiannya.

6. Beda Nama
Nama-nama umum biawak di berbagai wilayah, yakni bayawak (Sunda), bajul, menyawak atau nyambik (Jawa), berekai (Madura), dan hora atau mbu (sebutan biawak Komodo oleh penduduk pulau Komodo dan pulau Rinca).

Baca Juga: Penampakan Perdana Buaya Tanpa Ban Bekas di Sungai Palu
7. Dagingnya Dikonsumsi
Daging biawak mengandung kalori serupa dengan jenis daging lainnya. Sebagian masyarakat percaya daging biawak bisa meningkatkan stamina. Namun, para ahli berpendapat bahwa ada bakteri dan parasit yang terkandung di tubuh biawak, yaitu trichinosis, gnathostomiasis, sparganosis, dan mycobacterium.

8. Empat Jenis
Di Indonesia, diperkirakan ada empat spesies biawak. Yang terpopuler adalah biawak air (V. salvator) di Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Maluku. Biawak mangrove (V. indicus), tersebar di Papua. Lalu ada komodo (V. komodoensis) di Pulau Komodo. Juga biawak merak (V. auffenbergi) di Pulau Rote.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2715 seconds (0.1#10.140)