5 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Ada yang Sampai 71.000 Kilometer per Tahun

Jum'at, 15 April 2022 - 20:10 WIB
loading...
5 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Ada yang Sampai 71.000 Kilometer per Tahun
Kupu-kupu adalah salah satu hewan dengan migrasi terjauh yang bisa mencapai 4.800 kilometer. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hewan dengan migrasi terjauh merupakan salah satu peristiwa alam yang paling menginspirasi. Hewan selalu bergerak, namun terkadang naluri mendorong mereka untuk melakukan perjalanan yang sulit, berbahaya, dan luar biasa untuk mencari makanan.

Perjalanan ini dikenal sebagai migrasi. Beberapa migrasi hewan terjadi setahun sekali, bahkan ada yang setiap hari. Migrasi juga memainkan peran penting dalam ekosistem alami.

Dalam melakukan migrasi, beberapa hewan melakukan perjalanan ribuan mil. Dilansir dari A-Z animals, berikut hewan dengan migrasi terjauh:

1. Penyu laut

Pengembara laut karismatik ini melakukan migrasi luar biasa di laut terbuka untuk mencari makan dan bertelur. Para ilmuwan telah mencatat beberapa penyu melakukan perjalanan melintasi Samudra Pasifik antara Indonesia dan pantai barat Amerika Serikat dan Kanada, yang totalnya lebih dari 10.000 mil.



Salah satu prestasi mereka yang paling mengesankan adalah bernavigasi kembali ke pantai tempat mereka dilahirkan untuk bertelur. Seekor penyu tempayan bernama Yoshi berenang sejauh 22.000 mil selama dua tahun. Staf Two Oceans Aquarium membebaskan Yoshi setelah 20 tahun menetap. Dia awalnya pergi ke akuarium karena cangkangnya retak.

2. Kupu-kupu

Kupu-kupu mungkin bukan jenis hewan yang Anda kenal sebagai binatang migran. Tetapi kupu-kupu (Danaus plexippus) melakukan perjalanan epik setiap tahun yang melibatkan lebih dari satu generasi serangga.

Jutaan kupu-kupu meninggalkan Amerika Utara bagian timur laut saat cuaca mulai dingin. Tujuan mereka adalah hutan hangat Meksiko. Saat bermigrasi, kupu-kupu dapat melakukan perjalanan hingga 250 mil per hari. Seluruh perjalanan adalah sekitar 3.000 mil atau 4.800 kilometer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3097 seconds (0.1#10.140)