4 Hewan yang Bisa Berubah Warna, Nomor Terakhir Tubuhnya Bisa Mendeteksi Suara

Kamis, 21 April 2022 - 19:08 WIB
loading...
A A A
Kuda laut yang dikenal sebagai hewan yang unik ternyata memiliki kemampuan untuk berubah warna. Tujuan mengubah warna kulit mereka adalah untuk kamuflase, menakuti predator, mengomunikasikan emosi mereka, dan untuk memikat pasangannya.



Interaksi kompleks antara otak, sistem saraf, hormon, dan organel memungkinkan kuda laut berubah warna. Organel yang bertanggung jawab atas perubahan warna ini dikenal sebagai kromatofora.

Mengenai kecepatan perubahan warna kulit, ini tergantung pada stimulus. Misalnya, dalam situasi genting dari buruan predator maka warnanya berubah dengan cepat. Berbeda ketika sendag mencari pasangan, perubahan itu terjadi secara perlahan.

3. Katak Pohon Pasifik

Katak Pohon Pasifik mendiami Amerika Utara yang memiliki bantalan kaki lengket. Bantalan kaki yang lengket memungkinkan mereka memanjat pohon dan tanaman.

Katak Pohon Pasifik juga salah satu hewan yang bisa berubah warna untuk berbaur dengan lingkungannya. Perubahan warna merupakan mekanisme pertahanan terhadap predator seperti rakun, kodok, ular, bangau, dan banyak lainnya.

Katak Pohon Pasifik juga berubah warna berdasarkan musim dan suhu. Ketika suhu tinggi, mereka berubah menjadi warna kuning. Contoh spesies Pacific Tree Frog yang berubah warna adalah Hyla regilla. Proses perubahan warna pada Pacific Tree Frogs membutuhkan waktu 1-2 menit.

4. Bunglon

Bunglon dikenal sebagai hewan yang bisa berubah warna dalam waktu kurang dari setengah menit dengan bantuan sel-sel khusus di kulit mereka. Beberapa di antaranya adalah "kromatofora kulit" yang mengandung pigmen dan berbentuk seperti tanda bintang yang dihiasi dengan ekstensi panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)