Cara Sehat Melindungi Anak dari Beratnya Perjalanan Mudik

Rabu, 27 April 2022 - 02:38 WIB
loading...
Cara Sehat Melindungi Anak dari Beratnya Perjalanan Mudik
Cara sehat menghidari anak dari lelahnya perjalanan mudik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik hari raya Idul Fitri tahun ini. Sebelumnya dalam rangka menekan penyebaran virus Covid-19 pemerintah melarang mudik dengan mengetatkan penjagaan di setiap jalan dalam dua tahun terakhir.

Lebaran tahun ini penyekatan itu sudah tidak ada lagi. Keputusan ini membawa kabar gembira buat masyarakat. Dua kali agenda mudik yang selalu tertunda tahun ini bisa diwujudkan.


Meski sudah puluhan kali mudik, sebagian besar orang pasti menantikan mudik. Sebab ritual ini satu tahun sekali. Bagi kebanyakan orang Indonesia mudik adalah satu-satunya kesempatan untuk bertemu dengan keluarga, kolega, juga sahabat di tanah kelahiran atau kampung halaman.

Ada peraturan yang harus ditaati pemudik lebaran tahun 2022, termasuk bagi keluarga yang memilki anggota keluarga masih anak-anak. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemudik bebas tes antigen apabila sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap yang bisa dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat vaksin.

Selain itu untuk menemani dan mendukungnya perjalanan bersama anak, sebaiknya orang tua mempersiapkan dan mengantisipasi agar anak tidak bosan dan tetap fit selama perjalanan. Jika tiba-tiba sakit perjalanan menjadi tidak nyaman.

Aspek yang perlu diperhatikan pada anak selama perjalanan adalah anak sebaiknya duduk di barisan depan atau tengah, pastikan pandangan jauh ke depan.

Hindari makanan berat dan minuman soda saat berkendara, hindari baca buku dan bermain gawai karena bisa menyebabkan mabuk, pastikan sirkulasi udara baik, kecepatan kendaraan stabil, dan terakhir jangan lupa bawa perbekalan obat-obatan.

Perjalanan yang jauh dan melelahkan bisa mendatangkan sakit secara mendadak. Cuaca yang kurang bersahabat bisa memperparah keadaan. Capek dan lelah penyebab daya tahan tubuh melemah adalah pintu masuk viru s dan bakteri ke dalam tubuh anak.

Gizidat menjadi pilihan dan pendamping saat anak mulai lelah. Gizidat adalah obat tradisional yang terbuat dari madu hutan, temulawak, dan ekstrak ikan sidat. Khasiat utamanya adalah menambah nafsu makan bagi anak-anak yang kurus atau bobot tubuhnya kurang dari ideal. Manfaat lain adalah menguatkan daya tahan tubuh anak.

Dokter Arnylia Djunaidy dari Klinik Kecantikan London Beauty Centre Bandar Lampung mengatakan Gizidat terbukti berkhasiat melindungi anak di saat teman-teman sekolah anaknya banyak terjangkit sakit. “Karena rutin mengkonsumsi Gizidat, anak saya tidak tertular,” katanya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2743 seconds (0.1#10.140)