Arkeolog Amatir Temukan Guci Berisi 1.290 Koin Romawi Kuno di Swiss

Jum'at, 29 April 2022 - 19:10 WIB
loading...
A A A
Guci setinggi 23 sentimeter ini berisi sejumlah koin yang terbuat dari paduan tembaga dan sebagian kecil perak. Secara total, semua koin bernilai sekitar satu solidus. Sebuah solidus bernilai sekitar dua bulan gaji untuk seorang prajurit pada saat itu.

Arkeolog Amatir Temukan Guci Berisi 1.290 Koin Romawi Kuno di Swiss


"Ada dua jenis koin di dalam pot, tetapi denominasi pasti dari koin perunggu antik akhir ini tidak diketahui," kata Marti kepada Live Science melalui email. Semua koin dicetak, pada masa pemerintahan Kaisar Konstantinus pada tahun 306 hingga 337 M.

Marti mengatakan, tidak terlalu mengejutkan untuk menemukan koin Romawi di wilayah ini, yang merupakan bagian dari provinsi Kekaisaran Romawi. "Bahkan ada beberapa penimbunan koin dengan lebih banyak koin daripada yang ditemukan Bubendorf," katanya.



Namun sesuatu yang membedakan timbunan koin ini dari temuan baru: Temuan masa lalu terkubur di saat krisis dan temuan ini tidak.

Jadi pot koin ini memiliki dua misteri: Mengapa dikubur selama masa stabilitas politik dan mengapa ada pembatas kulit sapi di dalamnya?

“Mungkin itu persembahan untuk dewa. Gagasan lain adalah bahwa daerah ini pernah berbatasan dengan tiga perkebunan Romawi, jadi mungkin lokasi pemakaman ini ada hubungannya dengan batas itu," tambahnya.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)