5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:59 WIB
loading...
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global
Beruang Kutub (Ursus Maritimus) menghadapi masa depan yang tidak pasti karena berkurangnya es laut di Arktik yang menjadi habitatnya. Foto/onekindplanet/wiki common
A A A
JAKARTA - Ancaman perubahan iklim begitu nyata dan mengakibatkan temperatur Bumi bertambah panas. Kenaikan suhu global yang terus meningkat tentu akan memiliki konsekuensi yang serius bagi manusia dan hewan.

Berikut daftar 5 spesies hewan yang terancam punah akibat perubahan iklim dan pemanasan global dikutip SINDOnews dari laman onekindplanet, Kamis (19/5/2022).

1. Beruang Kutub
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global


Beruang Kutub (Ursus Maritimus) menghadapi masa depan yang tidak pasti karena berkurangnya es laut di Arktik yang menjadi habitatnya. Musim panas yang lebih lama dan lebih hangat menyebabkan sebagian besar Samudra Arktik kehilangan es untuk waktu yang lama.

Akibatnya, beruang kutub kesulitan mendapatkan mangsa utama mereka, sepertianjing laut. Kondisi ini membuat beruang terpaksa menghabiskan lebih banyak waktu mencari makan di darat yang berisiko mengalami konflik dengan manusia.

Baca juga; Dampak Perubahan Iklim: Beruang Kutub Incest dan Burung Elang Bercerai

2. Anjing Laut
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global


Anjing Laut (Pusa Hispida), sangat bergantung pada es laut Kutub Utara dan hampir tidak pernah naik ke darat. Menghangatnya suhu musim semi dan pecahnya es laut lebih awal menyebabkan anak-anak anjing laut yang menyusui dipisahkan secara prematur dari induknya.

Selain itu, suhu laut yang lebih hangat cenderung meningkatkan populasi parasit anjing laut dan memaksanya bermigrasi. Tentu ini menyebabkan risiko penyebaran penyakit semakin meluas ke wilayah lain. Dengan pindahnya anjing laut, beruang kutub kesulitan mendapat mangsa favorit.

Baca juga; Anjing Laut Macan Tutul Terbukti Mampu Memangsa Ikan Hiu
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0975 seconds (10.177#12.26)