Berhasil Ciptakan Robot Terkecil di Dunia, Penemunya Belum Tahu Mau Digunakan untuk Apa

Selasa, 31 Mei 2022 - 16:15 WIB
loading...
Berhasil Ciptakan Robot Terkecil di Dunia, Penemunya Belum Tahu Mau Digunakan untuk Apa
Para peneliti di Northwestern University mengumumkan berhasil membuat robot berukuran paling kecil di dunia yang dikendalikan jarak jauh menggunakan laser. Foto/Northwestern University/Newsforkids
A A A
EVANSTONE - Para peneliti di Northwestern University mengumumkan keberhasilan membuat robot berukuran paling kecil di dunia yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan laser . Namun, sampai saat ini para ilmuwan masih belum tahu robot kecil berbentuk kepiting ini hendak digunakan untuk apa.

Robot terkecil ini berbentuk seperti kepiting dan lebarnya hanya setengah milimeter (sekitar 1/50 inci). Robot ini tidak memiliki sumber energi untuk bergerak, namun mereka dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan laser.

Dikutip dari laman Newsforkids, Selasa (31/5/2022), para peneliti mengatakan robot itu dirancang sedikit mirip seperti buku popup 3D. Bentuk dasar kepiting adalah pipih. Bentuk pipih tersebut kemudian ditempelkan pada bahan karet yang direntangkan.



Ketika bahan karet dibiarkan rileks, robot muncul menjadi kepiting yang berdiri. Campuran lapisan inilah yang menjadi rahasia pergerakan kepiting. Lapisan yang berbeda memberikan material dua posisi yang dapat dimasuki. Ketika lapisan kaca yang kaku dilunakkan, lapisan karet akan membengkokkan material.

Tetapi ketika lapisan kaku mengeras lagi, dia kembali ke posisi semula. Para ilmuwan menyebutnya "bentuk-memori". Trik untuk melunakkan lapisan kaca yang kaku adalah dengan menghangatkannya dengan laser.

Karena ukuran robot sangat kecil, bagian-bagiannya memanas dan mendingin dengan sangat cepat. Dengan memanaskan bagian-bagian berbeda dari robot, para ilmuwan dapat membuat mereka bergerak dengan cara yang berbeda.



Para peneliti mengatakan robot mereka dapat merangkak, berjalan, berputar, dan bahkan melompat. Namun, robot ini tidak bisa bergerak cepat. Tetapi mengingat ukurannya yang kecil, mereka juga tidak terlalu lambat. Kepiting membutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk menempuh jarak 1 sentimeter (26 detik untuk menempuh jarak setengah inci).
Berhasil Ciptakan Robot Terkecil di Dunia, Penemunya Belum Tahu Mau Digunakan untuk Apa


Saat ini robot tidak terlalu berguna karena yang bisa mereka lakukan hanyalah bergerak. Mereka harus berada di tempat di mana laser dapat menyinari mereka untuk melakukan itu. Tetapi para ilmuwan mengatakan robot-robot ini merupakan langkah penting untuk menciptakan robot-robot kecil yang lebih bermanfaat.

Para peneliti mengatakan bahwa suatu hari robot kecil seperti ini mungkin bisa bekerja di ruang yang sangat kecil. Ada kemungkinan bahwa mereka dapat membuat mesin yang sangat kecil, atau bahkan mungkin melakukan perjalanan ke dalam tubuh manusia untuk membantu mengatasi masalah medis.

Dengan menggunakan metode pembangunan yang serupa, para ilmuwan menciptakan sejumlah robot yang berbeda, termasuk yang tampak seperti cacing, kumbang, dan jangkrik. John Rodgers, salah satu ilmuwan, mengatakan bahwa mereka sudah mampu membuat robot yang berjalan dalam berbagai ukuran atau bentuk 3D.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)