3 Rasi Bintang Terbesar Terlihat Jelas selama Bulan Juni, Begini Penampakannya

Kamis, 09 Juni 2022 - 19:36 WIB
loading...
3 Rasi Bintang Terbesar Terlihat Jelas selama Bulan Juni, Begini Penampakannya
Rasi bintang besar Hydra, Virgo, dan Ursa Major seperti yang terlihat di langit New York mendekati jam 10 malam waktu setempat pada 7 Juni 2022. Foto/Space.com/Starry Night
A A A
NE YORK - Selama bulan Juni ini tiga rasi bintang terbesar di langit akan terlihat jelas dan sempurna. Ketiga rasi bintang itu, adalah Hydra (ular air), Virgo (perawan), dan Ursa Major (beruang besar).

Segera setelah kegelapan turun pada malam-malam awal bulan Juni ini, tiga konstelasi terbesar di langit ini akan muncul dalam tampilan penuh. Secara keseluruhan, Hydra membentang lebih dari 100 derajat dari langit dan membutuhkan waktu hampir tujuh jam untuk terlihat penuh.

Konstelasi yang sangat panjang ini tidak hanya rasi bintang terpanjang tetapi juga yang terbesar berdasarkan luasnya dalam derajat persegi. Menurut data resmi yang ditetapkan oleh International Astronomical Union (IAU) konstelasi Hydra mencakup 1.304 derajat persegi, atau sekitar 3% dari seluruh langit.



Sedangkan rasi bintang Virgo adalah konstelasi terbesar kedua, dengan luas 1.294 derajat persegi, diikuti oleh Ursa Major, pada 1.280 derajat persegi. Berikut sekilas tentang asal usul ketiga rasi bintang terbesar dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (9/6/2022).

1. Hydra (Ular Air)
Pencitraan rasi bintang Hydra atau ular air itu berasal dari tahun 1200 SM, mungkin terkait dengan binatang yang lebih penting: naga Tiamat dari epos Efrat tentang pahlawan Gilgames. Beberapa juga mengatakan, Hydra untuk mengingatkan ular berkepala banyak dalam dongeng Hercules.

Bintang paling terang Hydra adalah Alphard dengan magnitudo kedua, raksasa oranye yang berjarak sekitar 177 tahun cahaya dan kadang-kadang disebut The Solitary One. Jika langit cerah, Anda dapat mengikuti sisa aliran tubuh ular; prosesi zig-zag bintang redupnya mengarah ke selatan dan timur lebih dari 90 derajat melintasi langit.

2. Virgo (Perawan)
Rasi bintang Virgo biasanya menempati sebagian besar langit selatan pada sore hari. Tidak seperti kebanyakan rasi bintang kuno, Virgo tidak menampilkan pola bintang yang khas sehingga tidak menarik perhatian.

Sebagian besar bentuk rasi bintang menyerupai huruf Y yang ditulis dengan gaya kursif. Dalam tradisi Yunani dan Romawi, Virgo diidentikkan dengan dewi keadilan, Astraea, yang memerintah dunia selama Zaman Keemasan dongeng. Juga telah dikemukakan bahwa Sphinx mewakili Leo dan Virgo, yang masing-masing menampung matahari selama banjir tahunan penting Sungai Nil.



3. Ursa Major (Beruang Besar)
Akhir musim semi pada bulan Juni adalah saat rasi bintang Ursa Major atau Beruang Besar berkeliaran di langit malam hampir tepat di atas kepala di Belahan Bumi Utara. Untuk membayangkan seluruh pola bintang sebagai "Beruang Besar", hidung beruang ditandai oleh bintang berkekuatan ketiga Muscida.

Cakar beruang, yang dikenal oleh orang Arab awal sebagai "Leaps of the Gazelle," ditandai oleh tiga pasang bintang yang berjarak hampir sama. Mangkuk Dipper adalah bentuk tubuh beruang. Untuk sebagian besar dunia, pola ini, jika bukan beruang, disebut sebagai sejenis kereta.

"Henry IV" Shakespeare mengacu pada Biduk sebagai Charles 'Wain. Diketahui Wain adalah kereta pertanian terbuka yang besar. Di Inggris Raya, ini lebih dikenal sebagai Bajak. Sedangkan di Amerika ini dikenal dengan Biduk.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)