Mengenal Bendungan Engehalde di Bern Swiss, Lokasi Penemuan Jenazah Eril

Kamis, 09 Juni 2022 - 23:02 WIB
loading...
Mengenal Bendungan Engehalde di Bern Swiss, Lokasi Penemuan Jenazah Eril
Bendungan Engehalde (Stauwehr Engehalde), lokasi ditemukannya jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) putra pertama Gubernur Jawa Barat RIdwan Kamil, tepat berada di Wehrweg, 3014 Bern, Swiss. Foto/Tangkapan Layar GoogleMap
A A A
BERN - Bendungan Engehalde (Stauwehr Engehalde), lokasi ditemukannya jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) putra pertama Gubernur Jawa Barat RIdwan Kamil, tepat berada di Wehrweg, 3014 Bern, Swiss. Keberadaan Bendungan Engehalde merupakan bagian dari Pembangkit listrik Felsenau (Krafwerk Felsenau) berlokasi di Felsenaustrasse 47, 3004 Bern, Swiss.

Posisi bendungan Engehalde dengan pembangkit listrik Felsenau dibuat sedemikian rupa memanfaatkan kontur sungai Aare yang berkelok di semanjung Enge. Bendungan Engehalde dibangun untuk menahan aliran sungai Aare dan airnya di saluran ke turbin listrik di Felsenau melalui bawah Semenanjung Enge.

Volume air sebanyak 100 meter kubik per detik mengalir dari bendung Engehalde melalui terowongan sepanjang 550 meter ke pembangkit listrik Felsenau. Sedangkan air yang tersisa mengalir sepanjang sungai Aare mengelilingi sekitar semenanjung Enge sepanjang 9 km.


Mengenal Bendungan Engehalde di Bern Swiss, Lokasi Penemuan Jenazah Eril

Peta semenanjung Enge yang dikelilingi Sungai Aare. Lingkaran merah yang dihubungkan garis merupakan posisi Bendungan Engehalde dan Pembangkit Listrik Felsenau. Foto/Seniorbern

Bendungan juga dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga air sisa yang mulai beroperasi pada tahun 1998 dan menggunakan laju aliran sisa yang ditentukan sebesar 12 meter kubik per detik. Outputnya adalah 460 kW, yang cukup untuk memasok hampir 700 rumah tangga.

Dikutip dari laman Seniorbern, pembangunan pembangkit listrik Felsenau dan bendungan Engehalde tak lepas dari pabrik pemintalan (Spinnerei) Felsenau yang memiliki konsesi air dan berencana membangun pembangkit listrik alih-alih sistem turbin mekanis dengan memanfaatkan tenaga air dari sungai Aare.

Namun, pabrik pemintalan itu mengalami kesulitan keuangan sebagai akibat dari Depresi Besar (1873–1896). Setelah perselisihan hukum yang panjang dengan kota Bern, Spinnerei menyerahkan hak penggunaan air ke kota pada tahun 1906.
Mengenal Bendungan Engehalde di Bern Swiss, Lokasi Penemuan Jenazah Eril

Pembangkit listrik Felsenau. Foto/Seniorbern



Antara tahun 1907 dan 1910 kota ini membangun terowongan baru dan pembangkit listrik. Sebagai imbalannya, mereka harus memasok pabrik pemintalan dengan 800 kilowatt listrik (20 persen dari produksi) secara gratis untuk jangka waktu yang tidak ditentukan dan mengkompensasi tanah yang diserahkan.

Ketika pembangkit listrik dioperasikan pada 6 November 1909 oleh perusahaan listrik kota Bern, pembangkit listrik tersebut memiliki tiga turbin Francis, yang menghasilkan total output 2.600 kW. Pada tahun 1912, pembangkit listrik Felsenau memasok 64 persen listrik yang dikonsumsi di kota Bern.
Mengenal Bendungan Engehalde di Bern Swiss, Lokasi Penemuan Jenazah Eril

Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Foto/Seniorbern

Pada tahun 1918 pembangkit listrik diperluas dengan dua turbin Francis lagi dan pada tahun 1989 kelima turbin digantikan oleh turbin bohlam Kaplan selama pembangunan kembali lengkap. Pembangkit listrik pengalihan menggunakan gradien 10 sampai 14 meter. Outputnya adalah 11.300 kW, yang memungkinkan memasok listrik ke sekitar 7.500 rumah.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)