Profil Alan Turing Matematikawan Brilian yang Pecahkan Kode Enigma Jerman

Jum'at, 10 Juni 2022 - 08:48 WIB
loading...
A A A
Pada Juli 1942, Alan Turing mengembangkan teknik pemecahan kode yang rumit diberi nama 'Turingery'. Metode ini dimasukkan ke dalam pekerjaan oleh orang lain di Bletchley dalam memahami mesin cipher 'Lorenz'. Lorenz menyandikan pesan-pesan strategis Jerman yang sangat penting: kemampuan Bletchley untuk membaca ini berkontribusi besar pada upaya perang Sekutu.

Pada tahun 1952, Alan Turing ditangkap karena tindakan homoseksualitas, yang kemudian ilegal di Inggris. Dia dinyatakan bersalah atas 'ketidaksenonohan kotor' (hukuman ini dibatalkan pada tahun 2013). Sebagai pengganti untuk hukuman penjara dia menjalani kebiri kimia.

Pada tahun 1954, sekitar 16 hari sebelum ulang tahunnya yang ke-42 dia ditemukan tewas karena keracunan sianida. Sebuah pemeriksaan menentukan kematiannya sebagai bunuh diri, tetapi telah dicatat bahwa bukti yang diperoleh menunjukkan keracunan yang tidak disengaja.

Warisan Alan Turing ini tidak sepenuhnya terungkap sampai lama setelah kematiannya. Diperkirakan bahwa upaya Turing dan rekan-rekan pemecah kodenya mempersingkat perang selama beberapa tahun. Yang pasti adalah mereka menyelamatkan banyak nyawa dan membantu menentukan arah dan hasil konflik.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)