Penemuan Maritim Paling Bersejarah, Bangkai Kapal Pembawa Calon Raja Inggris Tergolek di Pantai

Minggu, 12 Juni 2022 - 08:42 WIB
loading...
Penemuan Maritim Paling Bersejarah, Bangkai Kapal Pembawa Calon Raja Inggris Tergolek di Pantai
Sebuah kapal perang Inggris HMS Gloucester yang tenggelam pada tahun 1682 saat membawa calon raja telah ditemukan di lepas pantai Norfolk. Foto/ScienceAlert/University of East Anglia
A A A
LONDON - Sebuah kapal perang Inggris HMS Gloucester yang tenggelam pada tahun 1682 saat membawa calon raja telah ditemukan di lepas pantai Norfolk. Penemuan ini digambarkan sebagai penemuan maritim bersejarah paling signifikan sejak kebangkitan Mary Rose pada tahun 1982.

Penemuan bangkai kapal HMS Gloucester yang tenggelam 340 tahun lalu diperkirakan dapat mengubah apa yang kita ketahui tentang sejarah maritim abad ke-17. Pengumuman penemuan itu diungkap setelah dilakukan penelitian secara rahasia selama 15 tahun untuk memverifikasi secara detal dan melindungi bangkai kapal.

HMS Gloucester setengah terkubur di dasar laut tanpa terdeteksi sampai dua bersaudara Julian dan Lincoln Barnwell serta temannya James Little menemukannya pada tahun 2007. Penemuan itu setelah pencarian empat tahun di garis pantai Norfolk.

Baca juga; 240 Tahun Tenggelam, Bangkai Kapal Penjelajah Inggris James Cook Ditemukan

Kapal Angkatan Laut Kerajaan ini kandas di gundukan pasir pada 6 Mei 1682 ketika sedang membawa calon Raja Inggris, James Stuart – saat itu Duke of York. Kapal itu tenggelam setelah perselisihan antara calon Raja James II dari Inggris, mantan Laksamana Tinggi Lord, dan nakhoda untuk mengendalikan jalur kapal saat menavigasi gundukan pasir Norfolk yang berbahaya.

Pakar sejarah maritim Universitas East Anglia Claire Jowitt mencatat bahwa kapal ini memiliki nilai sangat tinggi dalam konteks politik dan arkeologi. Sebab, kapal perang ini berusia tua dan kondisi bangkai ketika ditemukan cukup baik, selain nilai sejarah ketika kapal ini mengalami kecelakaan sebelum tenggelam.

“Penemuan ini menjanjikan untuk secara mendasar mengubah pemahaman tentang sejarah sosial, maritim dan politik abad ke-17,” kata Jowitt dikutip SINDOnews dari laman Sciencealert, Minggu (12/6/2022).
Penemuan Maritim Paling Bersejarah, Bangkai Kapal Pembawa Calon Raja Inggris Tergolek di Pantai


Baca juga; Rezeki Nomplok, Kolombia Temukan 2 Bangkai Kapal saat Cari Harta Karun Emas Galleon San Jose

Jowitt menuturkan ketika terjadi kecelakaan kapal, ratusan awak dan penumpang tewas, tetapi Stuart nyaris tidak selamat, setelah menunda meninggalkan kapal sampai menit terakhir. “Karena keadaan tenggelamnya, ini dapat diklaim sebagai satu-satunya penemuan maritim bersejarah paling signifikan sejak kebangkitan Mary Rose pada tahun 1982,” lanjutnya.

Diketahui Mary Rose, salah satu kapal perang Henry VIII yang tenggelam pada tahun 1545, diselamatkan pada tahun 1982 dalam sebuah prestasi arkeologi maritim yang memberikan banyak detail tentang kehidupan di zaman Tudor.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1904 seconds (11.97#12.26)