Berisi Harta Karun Emas dan Permata Senilai Rp252,2 Triliun, Kolombia Rilis Foto Bangkai Kapal San Jose

Kamis, 16 Juni 2022 - 23:49 WIB
loading...
Berisi Harta Karun Emas dan Permata Senilai Rp252,2 Triliun, Kolombia Rilis Foto Bangkai Kapal San Jose
Foto dan video terbaru juga menunjukkan koin emas dari muatan harta karun kapal, yang kini tergeletak di dasar laut. Foto/Armada de la República de Colombia/Live Science
A A A
BOGOTA - Angkatan Laut Kolombia merilis sejumlah foto bangkai kapal laut San Jose yang berisi harta karun sekitar USD17 miliar atau setara Rp252,2 triliun. San Jose adalah kapal perang Spanyol yang tenggelam ditembak meriam kapal perang Inggris pada pertempuran laut pada tahun 1708.

Foto-foto baru yang dirilis pada 6 Juni 2022 menunjukkan bangkai kapal masih dalam kondisi cukup terpelihara di dasar laut. Angkatan Laut Kolombia juga menemukan dua bangkai kapal bersejarah lainnya di area yang sama.

Angkatan Laut Kolombia menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) untuk memeriksa bangkai kapal tersebut. Lokasi bangkai kapal San Jose masih dirahasiakan untuk mencegah pemburu harta karun.

Baca juga; Rezeki Nomplok, Kolombia Temukan 2 Bangkai Kapal saat Cari Harta Karun Emas Galleon San Jose

Seorang juru bicara Angkatan Laut Kolombia mengatakan, dari foto terlihat meriam, koin dan emas batangan tergeletak di dasar laut. Termasuk satu set peralatan makan porselen dalam kondisi sempurna. Penemuan dalam kondisi yang masih cukup baik ini memudahkan pencarian bukti tertulis atau prasasti pada benda-benda tersebut.

“Dengan ditemukannya prasasti, adalah mungkin untuk menentukan lokasi pembuatan meriam kapal: di Seville dan Cádiz, pada tahun 1655. Anda juga dapat melihat berbagai objek emas, termasuk 'macuquinas' [sejenis koin] dan tanggal pembuatannya,” kata Laksamana Jose Joaquin Amezquita, Direktur Jenderal Maritim Angkatan Laut Kolombia, dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (16/6/2022).

Para ahli berpikir bahwa bangkai kapal dan artefaknya mungkin terawetkan dengan baik karena kapal laut San Jose tenggelam di perairan yang cukup dalam, sekitar 600 meter, jauh di bawah jangkauan sinar matahari. Meskipun sudah lebih 300 tahun tenggelam, kondisinya relatif masih baik.

Baca juga; Simpan Harta Karun 200 Ton Emas dan Permata, Bangkai Kapal San Jose Jadi Rebutan 3 Negara

Pakar angkatan laut juga menemukan dua bangkai kapal lain di dasar laut di dekatnya. Salah satu kapal dari masa kolonial (dari kedatangan Spanyol sekitar tahun 1525 hingga awal 1800-an) dan yang lainnya adalah sekunar berusia sekitar 200 tahun. Asal-usul kedua kapal tidak diketahui.

Jadi rebutan Kolombia dan Spanyol
Berisi Harta Karun Emas dan Permata Senilai Rp252,2 Triliun, Kolombia Rilis Foto Bangkai Kapal San Jose

Menurut hukum internasional, kapal San Jose yang karam dan isinya milik Spanyol, tetapi pemerintah Kolombia menyatakan mereka memiliki bangkai kapal dan harta karunnya bernilai USD17 miliar. Foto/Armada de la República de Colombia/Live Science
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2150 seconds (11.210#12.26)