Berisi Harta Karun Emas dan Permata Senilai Rp252,2 Triliun, Kolombia Rilis Foto Bangkai Kapal San Jose

Kamis, 16 Juni 2022 - 23:49 WIB
loading...
A A A
Bangkai kapal San Jose dan isinya yang berharga berada di tengah pertikaian hukum internasional. Pemerintah Kolombia mengklaim kepemilikan kapal karam dan semua harta yang dikandungnya, dan angkatan laut Kolombia memantau situs di dasar laut, yang terletak di dekat semenanjung Barú, selatan Cartagena.

Namun, kapal itu milik angkatan laut Spanyol ketika ditenggelamkan oleh kapal perang Inggris pada tahun 1708, dan di bawah hukum internasional Spanyol masih berhak memiliki San Jose dan segala isinya.

Pada tahun 2018, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menyarankan Kolombia untuk tidak menyelamatkan bangkai kapal tersebut. Tetapi pemerintah Kolombia telah menyatakan bahwa bangkai kapal dan semua hartanya adalah milik mereka.

Kapal Harta Karun
Berisi Harta Karun Emas dan Permata Senilai Rp252,2 Triliun, Kolombia Rilis Foto Bangkai Kapal San Jose

Kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) yang menjelajahi bangkai kapal San Jose menemukan peralatan makan porselen utuh yang dipasang di sisa-sisa lambung kapal. Foto/Armada de la República de Colombia/Live Science

Menurut situs sejarah angkatan laut Spanyol Todo a Babor ("Semua ke Pelabuhan"), San Jose adalah sebuah galleon (kapal perang besar) dengan 62-meriam milik angkatan laut Spanyol. Pada 1708, San Jsoe memimpin armada harta karun tiga kapal perang dan 14 kapal dagang dari Portobelo di Panama ke Cartagena, sebuah kota pelabuhan utama di pantai Karibia Kolombia.

Kapal-kapal itu bermaksud untuk berlindung selama musim badai yang mendekat sebelum menyeberangi Samudra Atlantik ke Eropa. Catatan sejarah melaporkan bahwa galleon San Jose sarat muatan sekitar 200 ton (180 metrik ton) emas, perak, dan permata.

Tapi konvoi itu dicegat oleh kapal perang angkatan laut Inggris pada awal Juni tahun 1708. Selama pertempuran, kapal perang San Jose meledak ketika gudang mesiunya terkena tembakan meriam. Sekitar 600 awak kapal galleon San Jose tewas.

Kolombia Klaim Pemilik Sah
Keberadaan bangkai kapal San Jose tetap tidak diketahui sampai tahun 1980-an. Sampai akhirnya, sebuah perusahaan penyelamat Amerika mengklaim telah menemukan lokasi tersebut dan berusaha untuk bernegosiasi dengan pemerintah Kolombia untuk pemulihannya.

Namun, pemerintah Kolombia menolak, dan pada 2015 mengumumkan bahwa bangkai kapal San Jose telah ditemukan secara independen oleh para arkeolog maritim yang bekerja dengan angkatan laut Kolombia. Kedalaman lokasi bangkai kapal yang cukup besar membuat pemulihan menjadi mahal dan rumit; sejauh ini, tidak ada langkah fisik yang diambil untuk menyelamatkan kapal atau harta karunnya.

Presiden Kolombia, Ivan Duque, mengatakan bahwa pemantauan bangkai kapal oleh angkatan laut Kolombia akan menjamin perlindungannya sebagai "situs warisan dunia." Tetapi dia juga mengisyaratkan bahwa Kolombia memiliki bangkai kapal San Jose dan semua yang ada di dalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)