China Terbukti Luncurkan Kapal Induk Baru yang Lebih Canggih, Tipe 003 Ini Diberi Nama Fujian

Sabtu, 18 Juni 2022 - 18:03 WIB
loading...
A A A
“Angkatan Laut akan memilih lokasi penyebaran Fujian berdasarkan kebutuhan untuk menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan pembangunan, serta karakteristik operasi kapal induk dan kondisi dukungan logistik pelabuhan,” tulis Global Times, surat kabar berbahasa Inggris yang diterbitkan di bawah naungan Partai Komunis China, mengutip juru bicara PLAN Kapten Senior Liu Wensheng.

Baca juga; Kapal Induk AS Gelar Latihan di Laut China Selatan

Dia juga menjelaskan soal pemberian nama Fujian pada kapal induk Tipe 003 ini yang sesuai dengan nama provinsi terdekat di daratan China dengan pulau Taiwan. Pemilihan nama mirip dengan dua kapal induk sebelumnya, Tipe 001 Liaoning dan Tipe 002 Shandong, yang juga diberi nama sesuai provinsi di China.

“Menurut peraturan yang mengatur penamaan kapal Angkatan Laut China, kapal induk biasanya dinamai unit administrasi provinsi, dan itulah sebabnya kapal induk ketiga dinamai Provinsi Fujian China Timur,” kata Liu ditulis Global Times, yang dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Sabtu (18/6/2022).

Kapal induk Fujian setidaknya masih butuh waktu beberapa tahun lagi untuk masuk dari layanan operasional secara penuh. Masih banyak pekerjaan yang diperlukan untuk menyempurnakan konsep operasi CATOBAR serta elemen baru sayap udara.
(wib)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1493 seconds (10.177#12.26)