10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan

Senin, 20 Juni 2022 - 15:09 WIB
loading...
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan
Sejumlah pohon tertua di dunia telah menjadi saksi sejarah, bertahan dari perubahan iklim dan perkembangan manusia. Foto/Wikicommons/Treehugger
A A A
JAKARTA - Sejumlah pohon tertua di dunia telah menjadi saksi sejarah, bertahan dari perubahan iklim dan perkembangan manusia. Ada koloni pohon berkelompok hidup selama puluhan ribu tahun, tetapi ada sesuatu yang megah yang mampu berdiri sendiri selama ribuan tahun .

Pohon-pohon kuno ini telah menjadi saksi kebangkitan dan kejatuhan peradaban, bertahan dari perubahan iklim, dan bahkan bertahan melalui perkembangan industri manusia yang kuat. Berikut daftar 10 pohon tertua yang dirangkum SINDOnews dari laman treehugger, Senin (20/6/2022).

1. Pohon Metusalah
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Sampai tahun 2013, phon Methuselah, pinus bristlecone kuno adalah organisme non-klonal tertua yang ada di Bumi. Pohon Methuselah masih berdiri hingga 2016 pada usia tua 4.848 di White Mountains of California, di Inyo National Forest.

Pohon pinus bristlecone lainnya di daerah itu ditemukan berusia lebih dari 5.000 tahun. Lokasi persis pohon Methuselah tidak disebutkan atau dirahasiakan untuk melindungi mereka.



2. Pohon Sarv-e Abarqu
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon Sarv-e Abarqu, juga disebut "Zoroaster Sarv," adalah pohon cemara di provinsi Yazd, Iran. Pohon itu diperkirakan berusia setidaknya 4.000 tahun.

Setelah hidup melalui awal peradaban manusia tidak jauh, itu dianggap sebagai monumen nasional Iran. Banyak yang mencatat bahwa Sarv-e Abarqu kemungkinan besar adalah makhluk hidup tertua di Asia.



3. Pohon Llangernyw Yew
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon Llangernyw Yew yang luar biasa ini berada di halaman gereja kecil Gereja St Dygain di Desa Llangernyw, Wales Utara, Inggris Raya. Pohon Llangernyw Yew ini berusia sekitar 4.000 tahun, ditanam pada Zaman Perunggu prasejarah,dan masih terus berkembang.

Pada tahun 2002, dalam perayaan yubileum emas Ratu Elizabeth II, pohon itu ditetapkan sebagai salah satu dari 50 pohon Besar Inggris oleh Dewan Pohon. Pohon itu juga berakar pada mitologi Welsh, karena terkait dengan roh yang disebut Angelystor, atau "Malaikat Rekaman."



4. Pohon Alerce
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon Alerce adalah nama umum untuk Fitzroya cupressoides, spesies pohon yang menjulang tinggi asli pegunungan Andes. Hampir tidak ada yang tahu berapa umur pohon ini, karena sebagian besar spesimen yang lebih besar ditebang habis-habisan selama berabad-abad

Banyak ahli botani percaya bahwa mereka adalah pohon hidup terpanjang kedua di Bumi selain pinus bristlecone di Amerika Utara. Sampai saat ini, spesimen hidup tertua yang diketahui berusia 3.646 tahun dan tepat disebut Grand Abuelo.



5. Pohon Patriarca da Floresta
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon ini, contoh spesies Cariniana legalis bernama Patriarca da Floresta di Brasil, diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun. Pohon ini diyakini keramat, tetapi spesiesnya terancam secara luas karena pembukaan hutan di Brasil, Kolombia, dan Venezuela.



6. Pohon Senator
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Meskipun pohon Senator mengalami tragedi pada tahun 2012 setelah kebakaran menyebabkan banyak pohon tumbang, pohon ikonik ini tetap kokoh berdiri di sini. Diperkirakan berusia sekitar 3.500 tahun, pohon Senator digunakan sebagai tanda bagi suku Indian Seminole dan suku asli lainnya.

Kemungkinan besar pohon AS terbesar dari spesies mana pun di sebelah timur Sungai Mississippi. Ukuran pohon Senator sangat mengesankan karena menahan banyak badai, termasuk satu pada tahun 1925 yang mengurangi ketinggiannya hingga 40 kaki.



7. Pohon Zaitun Vouves
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon zaitun kuno ini terletak di pulau Kreta Yunani, merupakan salah satu dari tujuh pohon zaitun di Mediterania yang diyakini berusia setidaknya 2.000 hingga 3.000 tahun. Meskipun usia pastinya tidak dapat diverifikasi, pohon Zaitun Vouves mungkin yang tertua di antara mereka, diperkirakan berusia lebih dari 3.000 tahun.

Pohon itu masih menghasilkan buah zaitun, dan mereka sangat berharga. Pohon zaitun sangat kuat dan tahan kekeringan, penyakit, dan api, sebagian dari alasan umur panjangnya dan penggunaannya secara luas di wilayah tersebut.



8. Pohon Jomon Sugi
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon Jomon Sugi, terletak di Yakushima, Jepang, adalah pohon cryptomeria tertua dan terbesar di pulau itu. Adanya pohon tertua membuat pulau itu dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pohon itu berumur setidaknya 2.000 tahun, tetapi beberapa ahli percaya itu bisa berusia lebih dari 3.000 tahun. Berdasarkan teori itu, mungkin saja Jomon Sugi adalah pohon tertua di dunia, bahkan lebih tua dari Metusalah dan saudara-saudaranya.



9. Pohon Kastanye Seratus Kuda
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon yang terletak di Gunung Etna di Sisilia, Italia, adalah pohon kastanye terbesar dan tertua yang diketahui di dunia. Diyakini berusia antara 2.000 dan 4.000 tahun, usia pohon ini sangat mengesankan karena Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia.

Pohon itu terletak hanya 5 mil dari kawah Etna. Nama pohon itu berasal dari sebuah legenda di mana sekelompok 100 ksatria terperangkap dalam badai petir yang hebat.Menurut legenda, mereka semua bisa berlindung di bawah pohon besar itu.



10. Pohon Jenderal Sherman
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Diyakini berusia sekitar 2.500 tahun, pohon Jenderal Sherman adalah pohon sequoia raksasa terkuat yang masih berdiri. Volume batangnya saja menjadikannya pohon non-klonal terbesar berdasarkan volume di dunia, meskipun cabang terbesar pohon itu potong pada 2006.

Mungkin ini pertanda Jenderal Sherman tidak bisa dikurung? Sherman dapat ditemukan di Taman Nasional Sequoia di California, di mana ada lima dari 10 pohon terbesar di dunia.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2618 seconds (0.1#10.140)