Kelilingi Mars 1.300 Kali, Misi Tianwen-1 China Rilis Foto Permukaan Planet Merah

Rabu, 29 Juni 2022 - 16:51 WIB
loading...
Kelilingi Mars 1.300 Kali, Misi Tianwen-1 China Rilis Foto Permukaan Planet Merah
Gambar Mars yang diambil oleh pesawat tak berawak Tianwen-1 yang dirilis oleh Badan Antariksa Nasional China (CNSA) 29 Juni 2022. Foto/CNSA/REUTERS
A A A
BEIJING - Misi Tianwen-1 , pesawat ruang angkasa China tanpa awak, sukses mengelilingi planet Mars lebih dari 1.300 kali sejak awal tahun lalu. Misi Tianwen-1 telah memperoleh data citra (gambar) yang lengkap seluruh bagian planet Mars, termasuk visual kutub selatannya.

Tianwen-1 China berhasil mencapai Mars pada Februari 2021 dalam misi perdana penjelajahan planet merah. Sebuah robot rover telah diluncurkan di permukaan Mars saat pengorbit mengamati planet dari luar angkasa.

Dikutip dari laman Reuters, Rabu (29/6/2022), di antara gambar yang diambil dari luar angkasa adalah foto kutub selatan Mars yang pertama diperoleh China, di mana hampir semua sumber air planet ini terkunci. Gambar Tianwen-1 lainnya termasuk foto-foto ngarai Valles Marineris sepanjang 4.000 kilometer, dan kawah tumbukan dataran tinggi di utara Mars yang dikenal sebagai Arabia Terra.



Tianwen-1 juga mengirimkan kembali citra resolusi tinggi dari tepi kawah Maunder yang luas, serta pemandangan dari atas ke bawah dari Ascraeus Mons setinggi 18.000 meter, gunung berapi perisai besar yang pertama kali terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa Mariner 9 NASA, lebih dari lima dekade yang lalu.
Kelilingi Mars 1.300 Kali, Misi Tianwen-1 China Rilis Foto Permukaan Planet Merah


Pada tahun 2018, sebuah penyelidikan yang mengorbit yang dioperasikan oleh Badan Antariksa Eropa telah menemukan air di bawah es kutub selatan planet tersebut. Menemukan air di bawah permukaan adalah kunci untuk menentukan potensi planet untuk kehidupan, serta menyediakan sumber daya permanen untuk setiap eksplorasi manusia di sana.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)