Seperempat Dasar Laut Sekarang Telah Berhasil Dipetakan

Sabtu, 02 Juli 2022 - 19:24 WIB
loading...
Seperempat Dasar Laut Sekarang Telah Berhasil Dipetakan
Seperempat dasar laut saat ini berhasil dipetakan. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Karena sulit untuk dijelajah oleh manusia, dasar samudera masih menyimpan banyak misteri. Tapi setidaknya saat ini hampir seperempat atau 23,4 persen dasal laut telah berhasil dipetakan.



Ini berkat inisiatif internasional yang disebut Seabed 2030, yang melibatkan sukarelawan, pemerintah, perusahaan, dan lembaga penelitian, seperti dilansir dari Engadget, Sabtu (2/7/2022).

Seabed 2030 merupakan proyek bersama yang diprakarsai oleh PBB. Proyek ini diharapkan dapat memetakan 100 persen dasar laut sesuai dengan namanya, yakni pada tahun 2030.

Dan para peneliti optimis proyek ini akan benar-benar rampung pada tahun 2030, mengingat selama setahun terakhir saja, Seabed 2030 telah memetakan dasar laut sekitar 3,8 juta mil persegi atau seukuran Eropa.

Para peneliti percaya mengumpulkan lebih banyak data batimetri akan membantu lebih jauh pemahaman manusia tentang perubahan iklim dan upaya pelestarian laut.

Pemetaan dasar laut juga diharapkan dapat membantu dalam mendeteksi tsunami dan bencana alam lainnya.

"Peta lengkap dasar laut adalah alat yang hilang yang akan memungkinkan kita untuk mengatasi beberapa tantangan lingkungan yang paling mendesak di zaman kita, termasuk perubahan iklim dan polusi laut. Ini akan memungkinkan kita untuk menjaga masa depan planet ini,” kata Mitsuyuki Unno, direktur eksekutif The Nippon Foundation.

Seabed 2030 sendiri sangat bergantung pada kontribusi dari pemerintah dan perusahaan, meskipun beberapa dari mereka masih menutup-nutupi informasi karena menyangkut rahasia nasional atau perdagangan.

Semua data yang dikumpulkan oleh Seabed 2030 akan tersedia untuk publik secara online di jaringan global GEBCO (General Bathymetric Chart of the Oceans). Ini merupakan langkah besar bagi masyarakat dunia.

Seperti diketahui, sebelumnya sangat sulit mencari informasi tentang pemetaan dasar laut. Pesawat Malaysia Airlines MH370 saja sangat sulit dicari karena jatuh di sana.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)