Pakai Topi dan Berbulu, Spesies Baru Kepiting Ditemukan

Senin, 04 Juli 2022 - 05:02 WIB
loading...
Pakai Topi dan Berbulu, Spesies Baru Kepiting Ditemukan
Lamarck Dromia Beagle, berbeda dari kepiting lainnya karena menutupi tubuhnya dengan topi yang diambil dari makhluk laut lainnya. FOTO/ IST
A A A
CANBERRA - Spesies baru kepiting yang disebut Lamarck Dromia Beagle, berbeda dari kepiting lainnya karena menutupi tubuhnya dengan 'topi' yang diambil dari makhluk laut lainnya.

Seperti dilansir dari Metro, Minggu (3/7/2022), bentuk kamuflase membantu kepiting beagle Lamarck dromia bersembunyi dari predator laut lainnya.



Pendekatannya menyerupai kelomang menggunakan cangkang keras siput. Kepiting Beagle malah mengambil pelepah lembut dari bunga karang untuk membuat topi.

Spesies baru ini adalah bagian dari keluarga kepiting spons. Ditemukan setelah terdampar di pantai dekat kota Denmark, Australia Barat.

“Bulu (kepiting) ini membuat kami sadar bahwa ini adalah spesies baru dan bukan kepiting spons biasa,''

"Kepiting spons juga berbulu tetapi lebih tipis daripada berbulu tebal seperti ini," kata Andrew Hosie dari Western Australian Museum kepada situs berita Live Science.

Kepiting beagle menggunakan kaki belakangnya untuk menghasilkan topinya.

Karena harus menemukan topi untuk melindungi dirinya sendiri, kepiting akan lebih memilih perairan dangkal dan terumbu karang daripada wilayah laut yang lebih dalam.

Penemuan spesies baru ini telah didokumentasikan dalam jurnal Zootaxa bersama dengan 31 spesies kepiting spons lainnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3523 seconds (0.1#10.140)