Penemuan Baru, Campuran Bakteri Bikin Bahan Bakar Roket Jadi Super-Efisien

Senin, 04 Juli 2022 - 20:01 WIB
Mereka kemudian menemukan "bahan yang diperlukan" untuk POP-FAME di strain lain, Streptomyces albireticuli. Seperti banyak kerabatnya, Streptomyces albireticuli terbukti menjadi diva lab, pada awalnya menolak untuk membuat POP-FAME yang cukup untuk dianalisis para peneliti.

“Asam lemak yang dihasilkan mengandung hingga tujuh cincin siklopropana yang dirantai pada tulang punggung karbon, menghasilkan nama fuelimycins. Dalam proses yang mirip dengan produksi biodiesel, molekul-molekul ini hanya memerlukan satu langkah pemrosesan kimia tambahan sebelum dapat berfungsi sebagai bahan bakar," keterangan siaran pers.

Tahap selanjutnya dalam pengembangan bahan bakar roket adalah menghasilkan molekul yang cukup untuk uji lapangan, yang umumnya membutuhkan setidaknya 10 kilogram. Para peneliti belum sampai di sana, itulah sebabnya penelitian ini masih bersifat tentatif saat ini.
Penemuan Baru, Campuran Bakteri Bikin Bahan Bakar Roket Jadi Super-Efisien

Namun, data simulasi hingga saat ini menunjukkan bahwa POP-FAME dapat menghasilkan nilai kepadatan energi 50 megajoule per liter setelah pemrosesan kimia. Itu peningkatan yang mencolok dibandingkan bensin (32 megajoule per liter) dan RP-1, bahan bakar roket berbasis minyak tanah yang menawarkan sekitar 35 megajoule per liter.

POP-FAME secara khusus memiliki struktur yang dekat dengan bahan bakar roket berbasis minyak bumi eksperimental, menunjukkan bahwa molekul yang dihasilkan bakteri ini mungkin merupakan alternatif yang layak. Bahan bakar eksperimental, yang disebut Syntin, dikembangkan di Uni Soviet pada 1960-an.

Sementara Syntin digunakan dalam peluncuran roket Soyuz pada 1970-an dan 1980-an, biaya tinggi, potensi ledakan, dan toksisitas akhirnya menyebabkan Uni Soviet meninggalkan bahan bakar tersebut. Tim POP-FAME sekarang bekerja untuk meningkatkan efisiensi produksi bakteri untuk pengujian pembakaran.