Temukan 900 Spesies Mikroba Baru Terkunci dalam Gletser Tibet, Para Ilmuwan Malah Khawatir

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:16 WIB
loading...
A A A
Tim peneliti mengidentifikasi 27.000 faktor virulensi potensial, molekul yang membantu bakteri menyerang dan menjajah inang potensial, dalam katalog TG2G. Para peneliti memperingatkan bahwa sekitar 47% dari faktor virulensi ini belum pernah terlihat sebelumnya, sehingga tidak ada cara untuk mengetahui seberapa berbahaya bakteri tersebut.


Temukan 900 Spesies Mikroba Baru Terkunci dalam Gletser Tibet, Para Ilmuwan Malah Khawatir


Bakteri memiliki kemampuan unik untuk menukar sebagian besar DNA mereka, yang dikenal sebagai elemen genetik bergerak (MGE), dengan bakteri lain. Jadi, bahkan jika bakteri glasial mati tak lama setelah dicairkan, mereka masih bisa menularkan beberapa virulensinya ke bakteri lain yang mereka temui. “ Interaksi genetik antara mikroba gletser dan mikroorganisme modern ini "bisa sangat berbahaya,” tulis para ilmuwan.

Gletser Dataran Tinggi Tibet bisa menjadi titik panas untuk melepaskan pandemi di masa depan karena mereka mengalirkan air tawar ke sejumlah sungai besar, termasuk Sungai Yangtze, Sungai Kuning dan Sungai Gangga, yang memasok dua negara terpadat di dunia: China dan India. Pandemi menyebar dengan cepat melalui daerah berpenduduk padat, seperti yang disaksikan dunia selama pandemi COVID-19.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)