Ilmuwan Temukan Jawaban Kapan Hutan Pertama Muncul di Bumi

Kamis, 07 Juli 2022 - 08:20 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Jawaban Kapan Hutan Pertama Muncul di Bumi
Chris Berry menyebut bahwa tanaman pertama kali tumbuh sekitar 470 juta tahun lalu dan hutan muncul sekitar lebih dari satu abad setelahnya. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Mungkin sebagian dari kita ada yang pernah bertanya kapan hutan pertama muncul di Bumi . Seorang ahli paleobotani dari Universitas Cardiff di Inggris yang bernama Chris Berry memiliki jawabannya.

Melansir dari Livescience pada Kamis (7/7/2022), Chris Berry menyebut bahwa tanaman pertama kali tumbuh sekitar 470 juta tahun lalu dan hutan muncul sekitar lebih dari satu abad setelahnya.

BACA JUGA - Bumi Bocor! Air Danau Terbesar di Turki Menghilang

Selama interval itu, kehidupan tanaman perlahan-lahan mengembangkan prekursor genetik yang diperlukan untuk menghasilkan pohon, yang kemudian mengungguli tanaman lain.

Pada tahun 2019, Berry dan rekannya melaporkan hutan tertua yang pernah tercatat, dalam jurnal Current Biology. Hutan ini, yang ditemukan di Kairo, New York, disebut muncul pada periode awal Devon, yakni pada 385 juta tahun lalu.

"Kami tidak melihat fosil pohon, tetapi kami melihat peta persis di mana pohon-pohon itu berdiri. Jadi yang kita pelajari adalah ekologi hutan," kata Chris Berry.

Lebih lanjut dikatakan, peta fosil itu menampilkan Archaeopteris, tanaman kuno yang memiliki akar kayu besar dan cabang kayu dengan daun, seperti pohon modern. Perkembangan hutan awal ini bergantung pada evolusi pendahulu untuk menentukan sifat pohon.

"Saya pikir pemicunya adalah evolusi, perkembangan anatomi yang memungkinkan percabangan lebih kompleks. Anatomi seperti itu tiba begitu tanaman telah mengembangkan perangkat genetik untuk dapat membangun struktur seperti pohon" jelas Chris Berry.

Sistem percabangan awal, misalnya, dikembangkan tepat sebelum Devon, pada periode Silur atau sekitar 443,8 juta hingga 419,2 juta tahun yang lalu. Sedangkan akar pertama tiba di Devon awal.

Sifat-sifat pohon kemudian memberikan keuntungan besar, khususnya kemampuan untuk mengatasi persaingan untuk menyerap sinar matahari. Namun, beberapa perubahan lingkungan mungkin telah merubah beberapa karakteristik pohon.

Megaphylls, daun yang umum saat ini dan ditandai dengan urat bercabang, dapat tumbuh jauh lebih besar dari pendahulunya, sehingga menyerap lebih banyak sinar matahari.

Mereka pertama kali muncul sekitar 390 juta tahun yang lalu tetapi mulai kecil dan menyebar hanya 30 juta tahun kemudian, pada akhir Devonian.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1902 seconds (11.97#12.26)