Ilmuwan Temukan Air Tanah Berusia 1,2 Miliar Tahun di Afrika Selatan

Sabtu, 16 Juli 2022 - 14:15 WIB
Ilmuwan Temukan Air Tanah Berusia 1,2 Miliar Tahun di Afrika Selatan
Para peneliti menemukan air tanah berusia 1,2 miliar tahun di dalam sebuah tambang di Afrika Selatan. Foto/Oliver Warr/University of Toronto/LiveScience
CAPE TOWN - Ilmuwan Departemen ilmu Bumi di Universitas Toronto, Kanada, menemukan air tanah berumur 1,2 miliar tahun di sebuah tambang bawah tanah Afrika Selatan . Para ilmuwan meyakini air tanah ini adalah salah satu yang tertua di planet ini dan interaksi kimia dengan batuan menawarkan wawasan baru tentang kerak bumi.

Air tanah Afrika Selatan ini juga kaya konsentrasi tertinggi produk radiogenik, elemen yang dihasilkan oleh radioaktivitas, namun dalam bentuk cair. Menurut penelitian bahwa situs air tanah kuno ini suatu hari nanti berpotensi berfungsi sebagai sumber energi.

Oliver Warr, peneliti di Departemen ilmu Bumi di Universitas Toronto di Kanada, menggambarkan lokasi tersebut sebagai Kotak Pandora helium-dan- tenaga penghasil hidrogen. Penemuan baru ini mengikuti penemuan sebelumnya tentang air tanah berusia sekitar 1,8 miliar tahun selama ekspedisi penelitian tahun 2013.

“Salah satu bagian yang paling menarik dari penemuan baru ini adalah bahwa pada awalnya kami mengira air tanah di Kidd Creek adalah outlier. Tapi sekarang kami memiliki situs baru yang terletak di suatu tempat yang berbeda dengan sejarah geologi yang sama sekali berbeda yang juga menyimpan cairan pada skala waktu miliaran tahun,” kata Warr dikutip SINDOnews dari Live Science, Sabtu (16/7/2022).

Lokasi penemuan berada di tambang emas dan uranium, yang dikenal sebagai Moab Khotsong, terletak sekitar 161 kilometer barat daya Johannesburg. Lokasi ini merupakan rumah bagi salah satu poros tambang terdalam di dunia, terjun ke kedalaman 3 km di bawah permukaan pada titik terdalamnya.

Setelah mengumpulkan sampel di Moab Khotsong, Warr dan tim peneliti internasionalnya memeriksa isinya dan menemukan bahwa air mengandung sifat yang mirip dengan air di Kidd Creek, Ontario, terletak di bawah Perisai Kanada.

Warr menjelaskan bahwa sampel yang dikumpulkan mengandung kadar garam yang tinggi, sekitar delapan kali lebih banyak dari air laut, serta konsentrasi uranium, helium radiogenik, neon, argon, xenon, dan kripton. Mereka juga menemukan keberadaan hidrogen dan helium, yang keduanya merupakan sumber energi penting.

Temuan ini menawarkan sekilas difusi helium yang sebelumnya tak terlihat dari jauh di dalam planet ini. Sebuah proses penting untuk dipertimbangkan saat kita menghadapi kekurangan helium yang sedang berlangsung.

"Selama ada air dan batu, Anda akan melihat produksi helium dan hidrogen - dan itu tidak berarti ini harus terjadi hanya di Bumi. Jika ada air di bawah permukaan Mars atau planet berbatu lainnya, helium dan hidrogen juga dapat dihasilkan di sana, yang mengarah ke sumber energi lain,” kata Warr.