5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam

Senin, 25 Juli 2022 - 21:48 WIB
loading...
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam
Umumnya, ikan yang memiliki bentuk lebih ramping dengan moncong runcing dan ekor pendorong yang lebar mampu bergerak di air dengan cepat. Foto/Ist/Dictio Community
A A A
JAKARTA - Ada sekitar 30.000 spesies ikan yang dikenal di Bumi yang menghuni laut, samudra, sungai, dan danau. Beberapa jenis ikan mampu mengembangkan kecepatan yang luar biasa, mampu mencapai 110 km per jam.

Umumnya, ikan yang memiliki bentuk lebih ramping dengan moncong runcing dan ekor pendorong yang lebar mampu bergerak di air dengan cepat. Dua faktor lain yang mempengaruhi kecepatan ikan di dalam air adalah sifat permukaan atau kulitnya, dan sifat aliran air di atas permukaan itu.

Seperti diketahui, air kira-kira 800 kali lebih padat daripada udara dan memiliki viskositas yang jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, ikan dengan tubuh berbentuk torpedo, seperti billfish dan tuna, terbukti menjadi perenang yang lebih baik. Berikut 5 ikan tercepat yang dirangkum SINDOnews dari laman Dipndive, Senin (25/7/2022).

1. Ikan Layar (Sailfish)
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam


Ikan layar atau sailfish berada di puncak papan peringkat ikan tercepat di planet Bumi dengan kecepatan maksimal 110 km per jam. Ikan yang banyak ditemukan diSamudra Hindia dan Pasifik merupakan salah satu ikan buruan yang paling berharga.

Untuk ukuran, ikan layar umumnya tidak tumbuh lebih dari 3 meter panjangnya dan jarang memiliki berat lebih dari 90 kg. Karakteristik penting dari ikan layar adalah sirip punggung tegak yang dikenal sebagai layar dan paruh yang memanjang.

Baca juga; Fenomena Ikan Mudik, Rezeki Tahunan Cegat Migrasi Ikan ke Hulu Sungai

2. Marlin
5 Ikan Tercepat di Dunia, Nomor 1 Tembus 100 Km Per Jam


Ikan Marlin, bagian dari keluarga billfish, tidak hanya termasuk yang tercepat, tetapi juga terbesar di dunia. Marlin biru betina, yang secara signifikan lebih besar dari jantan, dapat mencapai panjang 4,3 meter dan berat lebih dari 900 kg.

Ikan marlin dalam berenang dengan kecepatan maksimum 80 km per jamdan banyak ditemukan di daerah tropis dan sedang di Samudera Indo-Pasifik. Daging Marlin sebagian besar muncul di restoran gourmet mewah sebagai makanan lezat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1878 seconds (11.210#12.26)