Punya Bisa yang Mematikan,Ular Spesies Baru Ditemukan di China

Senin, 01 Agustus 2022 - 06:51 WIB
Punya Bisa yang Mematikan,Ular Spesies Baru Ditemukan di China
Ular berbisa dengan nama Gloydius lateralis ditemukan di Lembah Zharu, China . FOTO/ IST
BEIJING - Ular spesies baru dengan bisa yang sangat kuat sehingga berpotensi melumpuhkan manusia dengan sangat cepat ditemukan di China.

Seperti dilansir dari Unilad, ular berbisa dengan nama Gloydius lateralis ditemukan di Lembah Zharu di cagar alam nasional Jiuzhaigou yang merupakan situs warisan dunia di provinsi Sichuan, China.

Reptil ini memakan mamalia kecil seperti tikus dan aktif pada siang hari di lembah yang panas dan kering.

Spesies ini memiliki tubuh kecil sekitar 18 inci, mata hijau atau coklat besar dan empat baris bintik-bintik coklat tua di tubuhnya.

Ditanya apakah ular itu merupakan ancaman bagi manusia atau tidak, Dr. Shengchao Shi menjelaskan bahwa semua jenis Gloydius memiliki potensi besar untuk menjadi racun.

“Saya kira gigitannya tidak ringan karena bisa menimbulkan rasa sakit dan cacat fisik jika tidak ditangani tepat waktu,''

“Biasanya mengandung racun yang dapat menyebabkan pembengkakan, namun biasanya tidak menyebabkan kematian.

"Efek racun dari spesies ini juga perlu dipelajari lebih lanjut," katanya.

Para ahli mengklasifikasikan Gloydius dengan cara yang sama seperti spesies kobra lainnya.

Setelah melakukan analisis morfologi dan filogenetik, para ilmuwan menemukan bahwa spesies ini sebenarnya milik ular yang sifatnya belum dirinci.

Ilmuwan lain yang berkontribusi dalam penelitian ini, Dr. Jingsong Shi mengatakan ular itu mirip dengan spesies liar Gloydius dengan beberapa perbedaan utama.

“Ia memiliki mata yang lebih besar dengan garis-garis cokelat biasa di tubuhnya. Kami menamakannya sesuai dengan pola warna unik yang terdapat di tubuhnya," katanya.