55 Makhluk Laut Misterius Ditemukan di Samudra Pasifik, Sebagian Besar Bentuknya Eksentrik

Rabu, 03 Agustus 2022 - 16:22 WIB
loading...
55 Makhluk Laut Misterius Ditemukan di Samudra Pasifik, Sebagian Besar Bentuknya Eksentrik
Kumpulan megafauna laut yang misterius jauh dan lusinan makhluk eksentrik ditemukan di dalam Samudra Pasifik. Foto/Live Science/DeepCCZ expedition, Gordon & Betty Moore Foundation & NOAA
A A A
LONDON - Kumpulan megafauna laut yang misterius jauh dan lusinan makhluk eksentrik ditemukan di dalam Samudra Pasifik. Ilmuwan dari Natural History Museum (NHM) di London menemukan 55 spesimen yang bersembunyi di tepi barat jurang antara Hawaii dan Meksiko, sekitar 5.000 meter di bawah permukaan laut.

Dari 55 spesimen yang dikumpulkan, 39 mungkin merupakan spesies baru yang belum diketahui sains. Setidaknya ada 7 spesies baru yang sudah dikonfirmasi dan diterbitkan di jurnal ZooKeys pada 18 Juli 2022.

Sementara sisi timur jurang telah dieksplorasi secara teratur, bagian baratnya yang dikenal sebagai Zona Clarion-Clipperton Pasifik mencakup beberapa gunung bawah laut kurang dapat diakses. Karena sebagian besar masih belum dijelajahi, menjadikannya wilayah utama untuk menemukan spesies baru.

“Sekitar 150 tahun yang lalu, ekspedisi Challenger [HMS] menjelajahi daerah ini, tetapi sejauh yang saya tahu, belum banyak penelitian yang dilakukan sejak saat itu. Bagian laut ini hampir tidak tersentuh,” kata Guadalupe Bribiesca-Contreras, ahli biologi NHM di departemen ilmu kehidupan kepada Live Science, Rabu (3/8/2022).



Dengan bantuan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) selama musim panas 2018, para ilmuwan menemukan 55 spesimen yang bersembunyi di tepi barat jurang yang terletak antara Hawaii dan Meksiko, kira-kira 16.400 kaki (5.000 meter) di bawah permukaan laut.

Selama ekspedisi 2018, dibantu kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), para ilmuwan lebih dari sekadar menebus waktu yang hilang. Satu demi satu, setiap makhluk baru yang mereka temukan sangat menarik.

Mulai dari teripang elastis berbentuk pisang yang dikenal sebagai tupai bergetah (Psychropotes longicauda) dengan tubuh sepanjang 60 cm. Ini sejenis spons laut dalam genus Hyalonema, yang tubuhnya menyerupai bunga tulip.

Dari potensi spesies baru yang ditemukan dan menarik perhatian para ilmuwan, adalah jenis karang dalam genus Chrysogorgia. Polip oranye pucatnya mirip dengan C. abludo, spesies yang biasanya ditemukan di Samudra Atlantik.


55 Makhluk Laut Misterius Ditemukan di Samudra Pasifik, Sebagian Besar Bentuknya Eksentrik


Namun para peneliti kemudian mengidentifikasinya sebagai spesies baru yang belum diberi nama. Ini menandai pertama kalinya karang dari genus ini ditemukan di Pasifik. “Banyak dari spesies ini yang telah kita lihat sebagai fosil, dan mereka terlihat persis sama sekarang,” kata Bribiesca-Contrerasshe.

Sebelum ekspedisi NHM, banyak dari hewan ini hanya terlihat sekilas dalam foto atau video, atau diketahui dari sisa-sisa fosilnya. Misi ini memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari spesimen saat bergerak bebas di habitat laut dan kemudian di laboratorium.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)