Terungkap, Ini Jawaban Mengapa Hiu Martil Punya Kepala yang Unik

Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:14 WIB
loading...
Terungkap, Ini Jawaban Mengapa Hiu Martil Punya Kepala yang Unik
Menurut ilmuwan dari University of Florida kepala hiu martil berbeda karena cacat genetik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Hiu martil merupakan hiu yang sangat berbeda dibanding lainnya. Kepalanya yang mirip martil itu membuatnya terlihat lebih sangar. Bentuk kepala hiu martil memang sangat unik. Terkesan kepala hiu martil ditarik ke kiri dan ke kanan hingga kedua matanya ikut berjauhan.

Setiap bentuk yang terjadi di alam terbentuk bukan tanpa sebab atau alasan. Begitu juga dengan hiu martil dengan bentuk kepalanya yang sangat aneh. Gavin Naylor, Florida Program for Shark Research Director University of Florida dalam tulisannya di IFL Science menyebutkan setidaknya ada tiga manfaat dari bentuk kepala hiy martil.

Yang pertama berkaitan dengan penglihatan. Kedua mata hiu martil bisa menujuk ke dua arah yang berlawanan karena posisinya yang unik. Alhasil mata hiu martil bisa melihat dan memimndai kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. "Tetapi itu akan sulit untuk mengatakan seberapa jauh jarak objek yang dilihat," tulis Gavin Naylor.

Untuk menebus kekurangan itu, hiu martil memiliki organ indera khusus, yang disebut ampullae of Lorenzini, yang tersebar di bagian bawah palu mereka. Organ seperti pori-pori ini dapat mendeteksi listrik.

Pori-pori itu pada dasarnya bertindak seperti detektor logam, merasakan dan menemukan mangsa yang terkubur di bawah pasir di dasar laut. "Hiu biasa memiliki organ indera ini juga, tetapi hiu martil memiliki lebih banyak. Semakin jauh jarak organ-organ sensorik ini pada kepala martil yang terjulur, semakin akurat mereka dalam menentukan lokasi makanan," jelasnya.

Baca juga : Resmi, Pengguna WhatsApp Kini Bisa Tinggalkan Grup Diam-diam

Terungkap, Ini Jawaban Mengapa Hiu Martil Punya Kepala yang Unik


Terakhir, kepala yang mirip palu itu akan membantu hiu berbelok lebih cepat saat berenang. Berkat kepala yang unik itu dia dapat berbalik lebih cepat untuk menangkapnya daripada hiu lainnya.

Namun itu baru kelebihan dari kepala yang berbentuk palu. Gavin Naylor mengatakan perlu adanya penelusuran lebih dalam mengenai leluhur hiu martil.

Perlu diketahui apakah bentuk kepala itu memang sudah ada dari sananya atau memang mengalami transformasi. Diperlukan penelitian terhadap fosil-fosil leluhur hiu martil untuk menemukan jawabannya. Dugaan awal, kepala hiu martil memang merupakan proses evolusi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1137 seconds (10.55#12.26)