Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:02 WIB
loading...
Daftar Fenemona Alam Unik yang  Terjadi di Indonesia
Daftar fenomena alam unik yang terjadi di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Alam selalu menyimpan banyak kejutan. Kejutan-kejutan tersebut dapat dilihat melalui berbagai fenomena alam yang terjadi. Fenomena alam ini dapat terjadi karena beragam hal seperti adanya pengaruh mikroorganisme, cahaya matahari, hingga aktivitas luar angkasa.

Fenomena seperti gempa bumi, pelangi, dan gerhana mungkin sudah biasa terjadi, namun alam masih menyimpan berbagai fenomena unik lainnya yang mampu membuat manusia terkagum-kagum.

Fenomena-fenomena tersebut di luar kehendak manusia dan merupakan bukti kuasa Tuhan. Selain unik, ada juga beberapa fenomena yang sangat langka dan hanya terjadi sekali dalam kurun waktu yang lama. Berikut deretan fenomena alam unik di Indonesia.

1. Api Biru

Indonesia patut berbangga diri sebab menyimpan sebuah fenomena alam yang langka. Fenomena yang dimaksud adalah api biru atau blue fire yang terdapat di Kawah Ijen, Banyuwangi. Fenomena ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan Islandia. Api biru dapat terjadi sebagai hasil dari pembakaran gas belerang yang bertemu dengan oksigen di atas suhu 360 derajat Celsius.

Fenomena api biru hanya dapat dilihat di jam tertentu saja. Waktu terbaik untuk melihat api ini adalah ketika dini hari, tepatnya di jam 02.00 WIB dan 03.00 WIB
Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Pasalnya, api tersebut akan mengecil di jam 05.00 WIB lantaran terkena sinar matahari yang membuat sinar api berubah menjadi kuning atau oranye. Selain itu, untuk melihat fenomena ini, para pengunjung harus mendaki gunung dengan ketinggian sekitar 2.443 mdpl.

2. Api Abadi

Tidak hanya satu, Indonesia mempunyai beberapa titik yang terdapat fenomena alam api abadi. Semburan api yang muncul dari dalam tanah ini tidak pernah kunjung padam meskipun hujan mengguyur. Bahkan, beberapa dari api abadi ini sudah ditemukan sejak zaman kerajaan di Indonesia, seperti Api Abadi Mrapen di Grobogan, jawa Tengah.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM menyatakan bahwa fenomena ini terjadi karena adanya patahan dan lipatan lempeng yang mengakibatkan keluarnya gas dari perut bumi.
Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Sebagian besar dari gas itu adalah gas metana (CH4) yang terbuat dari bahan organik fosil dan bersifat mudah terbakar. Gas inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa api terus menyala meski sudah terkena guyuran air sekalipun.

Konon, Api Abadi Mrapen ditemukan oleh Sunan Kalijaga saat dalam ekspedisi pemindahan barang Kerajaan Majapahit ke Kerajaan Demak. Saat itu, Sunan Kalijaga bersama rombongannya yang kehausan berdoa kepada Tuhan untuk diberi air. Lalu, ia menancapkan tongkatnya ke tanah dan keluarlah api abadi. Kini, api abadi itu dijadikan obyek wisata dan telah digunakan sebagai obor dari berbagai pesta olahraga, seperti saat PON X tahun 1981 hingga Asian Games 2018 silam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)