Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:02 WIB
loading...
A A A
3. Salju Abadi

Selain api abadi, Indonesia juga memiliki salju abadi. Keberadaan salju sendiri di Indonesia yang merupakan negara tropis sudah merupakan anomali, apalagi ini adalah salju abadi. Salju abadi yang terdapat di Indonesia berada di puncak Pegunungan Jayawijaya, Papua. Pegunungan Jayawijaya, yang merupakan rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia, memiliki puncak tertinggi yang dinamakan Puncak Jaya dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Diketahui, salju abadi di puncak Jayawijaya ini adalah satu-satunya gletser tropis di Asia. Sayang, salju abadi ini kelak tak lagi akan ditemui. Gletser yang telah ada sejak 5.000 tahun lalu ini terus mencair akibat terjadinya pemanasan global dan diperparah dengan peristiwa El Nino. Dikutip dari laman BMKG, antara tahun 2002-2018, luas tutupan es berkurang sebesar 78%.

4. Pantai Pasir Pink

Selain api biru, Indonesia memiliki satu lagi fenomena alam yang unik dan langka di dunia. Fenomena tersebut adalah pantai pink yang hanya ada tujuh di dunia. Pink beach atau pantai merah muda terletak Pulau Komodo, Labuan Baju, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Pink Flores atau Pantai Pink Labuan Bajo.
Daftar Fenemona Alam Unik yang Terjadi di Indonesia

Tidak seperti pantai pada umumnya, pasir di pantai pink ini berwarna merah muda. Hal ini dikarenakan adanya campuran dari serpihan karang, cangkang kerang, kalsium karbonat dari invertebrata laut yang berukuran sangat kecil, dan Foraminifera, yakni mikroorganisme yang memiliki cangkang merah atau pink cerah.

5. Danau Tiga Warna

Tidak hanya Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur juga mempunyai keindahan lain yang tersimpan di balik Gunung Kelimutu, ialah Danau Kelimutu. Tidak seperti danau biasanya, Danau Kelimutu memiliki tiga warna yang berbeda dengan masing-masing nama yang berbeda pulau.

Ketiga danau itu Tiwu Ata Mbupu yang berarti Danau Roh Nenek Moyang, Tiwu Ata Polo yang berarti Danau Roh Jahat, dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berarti Danau Roh Anak Muda. Uniknya, selain memiliki warna berbeda, warna pada masing-masing danau dapat berubah, dari hijau berubah jadi biru, hitam atau merah.

Dilansir dari situs resmi LIPI, warna pada air danau tersebut merupakan refleksi dari gelombang cahaya yang bertemu dengan berbagai material yang tersimpan di dalam air.

Selain itu, pengaruh gas yang tersimpan dalam perut bumi juga menjadi faktor dari terjadinya perubahan warna pada Danau Kelimutu. Maka dari itu, para peneliti menjadikan warna pada air danau sebagai parameter dalam penentuan status aktivitas magma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3139 seconds (0.1#10.140)