Deretan Fenomena Astronomi yang Akan Terjadi pada 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:34 WIB
loading...
Deretan Fenomena Astronomi yang Akan Terjadi pada 2022
Fenomena Astronomi yang akan terjadi pada 2022. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan akan terjadi beberapa f enomena astronomi menarik di tahun ini. Beberapa di antaranya merupakan suatu fenomena yang langka terjadi.

Pada bulan Juni lalu, terjadi fenomena langka planet sejajar. Mulai tanggal 4 Juni 2022, ada lima hingga enam planet yang letaknya saling berjajar. Planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Uranus.

BACA JUGA - Begini Tata Cara Sholat Gerhana Bulan dan Matahari

Andi Pangerang, Peneliti di Pusat Sains Antariksa LAPAN Badan Riset dan Inovasi Nasional, mengatakan bahwa fenomena planet sejajar ini berlanjut hingga 28-30 Juni 2022. Planet sejajar tergolong sebagai fenomena langka lantaran waktu rotasi yang ditempuh masing-masing planet berbeda. Oleh karena itu, fenomena ini mungkin akan dapat dinikmati kembali setelah 18-19 tahun mendatang.

Fenomena tersebut adalah satu di antara beberapa fenomena lainnya. Masih ada fenomena astronomis lainnya yang terjadi di tahun ini. Berikut merupakan beberapa fenomena astronomis yang terjadi di tahun 2022, beberapa diantaranya belum terjadi dan dapat dinantikan.

1. Okultasi Venus

Okultasi Venus merupakan salah satu fenomena alam astronomis yang dapat kita cermati di tahun 2022. Dilansir dari laman sindonews.com, okultasi merupakan sebuah peristiwa terhalangnya benda langit yang tampak lebih kecil oleh benda langit lain yang tampak lebih besar jika diamati dari Bumi.

Peristiwa ini dapat terjadi ketika konfigurasi ketiga benda langit tersebut membentuk garis lurus dalam tata surya.

Fenomena Bulan terhalang oleh Venus ini telah terjadi pada tanggal 27 Mei 2022. Di Indonesia, okultasi Venus dapat dinikmati dari pagi hingga siang hari. Bukan hanya Indonesia, masyarakat Brunei Darussalam dan Malaysia juga dapat menikmati fenomena astronomis ini.

2. Bulan Purnama Super
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1358 seconds (11.252#12.26)