Kamis, 25 Agustus 2022 - 11:53 WIB

Ciri khas lain dari reptil ini adalah kepalanya yang sangat besar untuk tubuhnya.Dimorphodon memiliki kaki yang terentang di samping, menghasilkan gaya berjalan yang canggung. Fitur tersebut mengungkapkan bahwa ketika tidak terbang, Dimorphodon biasanya menggantung di cabang-cabang pohon dan di tebing sambil menahan beban tubuhnya dengan cakarnya.

3. Germanodactylus
4 Dinosaurus Terbang yang Pernah Hidup di Bumi, Nomor 3 Ditemukan di Jerman

Germanodactylus secara harfiah berarti "jari Jerman". Germanodactylus sangat dikenal dengan jambul kepalanya. Jambul yang terbuat dari protein yang disebut keratin ini bisa berubah warna agar lebih menonjol saat musim kawin.

Reptil ini, berukuran sangat besar seperti burung gagak, memiliki lebar sayap 3,5 kaki yang memungkinkannya terbang jarak jauh. Fosil Germanodactylus yang hidup selama periode Jurassic akhir pertama kali ditemukan di Jerman.

4. Haopterus
4 Dinosaurus Terbang yang Pernah Hidup di Bumi, Nomor 3 Ditemukan di Jerman

Haopterus adalah salah satu dari sedikit reptil terbang yang hidup di Asia selama periode Kapur akhir. Banyak fosil Haopterus telah ditemukan di China, Provinsi Liaoning. Nama hewan ini diformulasikan untuk menghormati Profesor China Hao Yi Chun, dikombinasikan dengan kata Latin untuk sayap, pteron.

Menariknya, Haopterus memiliki gigi yang sangat beradaptasi untuk memakan ikan. Ini terutama menjelaskan mengapa hewan-hewan ini adalah piscivora. Lebar sayap Haopterus biasanya antara 4 hingga 5 kaki panjangnya.