7 Ular Kobra Terpanjang di Dunia, Ada yang Tumbuh Sampai 6 Meter

Kamis, 25 Agustus 2022 - 13:32 WIB
loading...
7 Ular Kobra Terpanjang di Dunia, Ada yang Tumbuh Sampai 6 Meter
Ular kobra dikenal sebagai salah satu ular paling berbisa di dunia dan mempunyai ukuran tubuh yang cukup panjang. Beberapa ular kobra tumbuh beberapa meter saja, tetapi ada yang tumbuh hingga 6 meter. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ular kobra dikenal sebagai salah satu ular paling berbisa di dunia dan mempunyai ukuran tubuh yang cukup panjang. Beberapa ular kobra tumbuh beberapa meter saja, tetapi ada yang tumbuh hingga 6 meter.

Ukuran tubuh ular kobra yang bervariasi dipengaruhi dari jenis kelamin dan lingkugan habitatnya. Berikut 7 jenis ular kobra yang memiliki ukuran tubuh terpanjang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Javan Spitting Cobra (Naja sputatrix)
Ular kobra jenis ini hanya hidup di Indonesia sehingga dikenal sebagai kobra Indonesia. Meskipun sebagian besar ular kobra Jawa memiliki panjang sekitar 1,2 meter, beberapa dari mereka bisa mencapai panjang hingga 1,8 meter.

Hal ini membuat ular kobra Jawa menjadi salah satu kobra terbesar di dunia. Ular kobra ini memiliki perut pucat dengan satu garis gelap di lehernya. Seperti semua ular kobra, mereka memiliki tudung lebar dan racun beracun.



2. Black-Necked Spitting Cobra (Naja nigricollis)
Salah satu ular kobra terbesar di dunia adalah ular kobra berleher hitam. Ular kobra ini tidak hanya cantik, tetapi juga sangat panjang. Bahkan beberapa dari mereka mencapai panjang hingga 2 meter.

Ular kobra berleher hitam hidup di sebagian besar Afrika tengah. Mereka sebagian besar melata ditanah namun beberapa juga pergi ke pohon untuk berburu jika diperlukan.



3. Monocled Cobra (Naja kaouthia)
Disebut ular kobra bermata karena memiliki tanda seperti monokel di bagian belakang lehernya. Ular kobra bermata bisa mencapai lebih dari 2 meter panjangnya, meskipun sebagian besar bisa tumbuh sekitar 1,5 meter.

Mereka berasal dari Asia Tenggara, di mana mereka tinggal di dekat perairan, padang rumput, atau kawasan hutan. Ular kobra ini memiliki tubuh berwarna coklat tua hingga hitam dengan beberapa tanda melingkar di sepanjang bagian belakang leher dan tudung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2705 seconds (0.1#10.140)