Bagian Tubuh Unta Selain Punuknya yang Punya Fungsi Luar Biasa

Sabtu, 03 September 2022 - 12:53 WIB
loading...
Bagian Tubuh Unta Selain Punuknya yang Punya Fungsi Luar Biasa
Bagian-bagian tubuh unta yang pinya fungsi luar biasa. FOTO/ IST
A A A
JEDDAH - Siapa yang tidak kenal dengan hewan bernama unta . Mamalia yang identik dengan daerah Timur Tengah ini punya ketahanan yang luar biasa karena dapat hidup di daerah yang paling kering sekalipun.

Lantas apa yang membuat unta memiliki kemampuan tersebut? Berikut ini adalah rahasia unik tubuh unta, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (3/9/2022).



Seperti diketahui bersama, unta memiliki punuk yang berfungsi untuk menyimpan lemak yang nantinya lemak ini dapat digunakan untuk bermetabolisme ketika unta mengalami kesulitan untuk menemukan makanan dan air.

Selain punuk, unta memiliki bagian-bagian tubuh yang ajaib lainnya yang membuatnya mampu beradaptasi di lingkungan yang gersang, misalnya saja adalah bagian tubuhnya yang memiliki ukuran luar biasa besar.

Umumnya unta dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 1,8 meter dan panjang tubuhnya hingga 3 meter dengan berat antara 600-1000 kg. Dengan ukurannya yang jumbo wajar jika unta mampu bertahan di kerasnya cuaca gurun pasir.

Unta juga rupanya memiliki gigi dan rahang yang sangat kuat. Tdak tanggung-tanggung salah satu bentuk adaptasi hebat yang dimiliki unta adalah kemampuannya untuk memakan kaktus yang dipenuhi oleh duri tajam.

Ternyata unta memiliki struktur keras pada mulutnya yang bernama papila yang membuat mulutnya tidak tertusuk duri saat memakan kasus. Dengan fakta-fakta mengagumkan tersebut unta mampu memakan apa saja yang tidak bisa dimakan hewan lain.

Rahasia tubuh unta yang unik membuat mereka menjadi hewan mamalia dengan kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Dan yang tak kalah menarik adalah unta rupanya memiliki kemampuan berenang yang andal

Meskipun habitat aslinya adalah di gurun yang sulit air, ternyata seekor unta juga memiliki kemampuan berenang yang hebat. Kemampuan ini tidak bisa dipisahkan dari kakinya yang panjang serta kuat.

Dengan otot yang kuat membuat unta bukan hanya dappat membawa beban berat dalam jarak yang jauh tapi juga mampu berenang. Unta sendiri dibekali telapak kaki dengan ukuran lebar sehingga memudahkan mereka mendayung.

Ukuran kaki yang lebar ini juga dalam kesehariannya berguna agar kaki untak tidak mudah ambles di pasir. Dan dengan ukuran seperti itu memungkinkan unta mampu berlari hingga 40 mil perjam, mengalahkan kuda.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)