Teknologi Autopsi Virtual Ini Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan Brutal Ratusan Tahun Lalu

Sabtu, 10 September 2022 - 08:37 WIB
loading...
A A A
“Di sini kami menunjukkan trauma mematikan pada dua dari tiga mumi Amerika Selatan yang kami selidiki dengan CT 3D. Jenis trauma yang kami temukan tidak akan terdeteksi jika sisa-sisa manusia ini hanyalah kerangka,” kata Dr Andreas G Nerlich, seorang profesor di Departemen Patologi Klinik Munich Bogenhausen di Jerman.



Dia menjelaskan studi tentang bahan mumi manusia dapat mengungkapkan tingkat trauma yang jauh lebih tinggi, terutama trauma yang disengaja, dibandingkan studi dengan kerangka manusia. Nerlich mengatakan ada lusinan mumi di Amerika Selatan yang mungkin mendapat keuntungan dari penyelidikan serupa dengan teknologi ini.

Teknologi ini dikenal dengan 3D computed tomography (3D CT) atau tomografi komputer (Tomografi terkomputasi). Kata tomografi berasal dari bahasa Yunani tomos (potongan) dan graphia (penggambaran).

Teknologi ini awalnya dikenal sebagai computed axial tomography (CAT), sebuah metode penggambaran medis menggunakan tomografi di mana pemrosesan geometri digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar tiga dimensi bagian dalam sebuah objek dari satu seri besar gambar sinar-X dua dimensi diambil dalam satu putaran "axis".
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2726 seconds (0.1#10.140)