China Luncurkan Roket Doubleheader, Bawa 2 Satelit Eksperimen Ilmiah

Selasa, 27 September 2022 - 16:05 WIB
loading...
China Luncurkan Roket Doubleheader, Bawa 2 Satelit Eksperimen Ilmiah
Roket padat Kuaizhou-1A yang membawa pesawat ruang angkasa Shiyan-14 dan Shiyan-15 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan China utara pada 24 September 2022. Foto/CCTV
A A A
BEIJING - China meluncurkan roket doubleheader Kuaizhou-1A dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan China utara. Roket Kuaizhou-1A setinggi 20 meter membawa 2 satelit eksperimen ilmiah sekaligus, yaitu Shiyan-14 dan Shiyan-15.

“Shiyan-14 terutama akan digunakan untuk melakukan eksperimen ilmiah dan memverifikasi teknologi baru, sedangkan Shiyan-15 akan menyediakan data di bidang survei tanah, perencanaan kota, dan pencegahan serta mitigasi bencana," lapor media pemerintah Xinhua pada Minggu 25 September 2002 dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Selasa (27/9/2022).

Xinhua tidak memberikan rincian tentang satelit tersebut, tetapi mungkin dapat diasumsikan itu adalah sejenis satelit mata-mata. Pakar Barat percaya bahwa satelit Yaogan dan ada banyak lainnya, karena China juga telah meluncurkan beberapa set triplet Yaogan 35 untuk mengumpulkan data dan citra untuk penggunaan sipil dan militer.

Baca juga; Peluncuran Roket Kuaizhou-1A China Gagal, 2 Satelit Hilang

Peluncuran tersebut merupakan yang ke-18 secara keseluruhan untuk roket Kuaizhou-1A, yang dioperasikan oleh perusahaan China ExPace. Diketahui ExPace adalah anak perusahaan dari China Aerospace Science and Industry Corporation milik negara.
China Luncurkan Roket Doubleheader, Bawa 2 Satelit Eksperimen Ilmiah


Ini merupakan peluncuran kedua dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, di provinsi Sichuan, China barat daya. Sebelumnya sebuah roket Long March 2D berhasil membawa satelit penginderaan jauh Yaogan 36 ke orbit.

Baca juga; Pengujian Mesin Roket ke Bulan Sukses, China Dekati Peluncuran Misi Berawak

Berarti China meluncurkan dua misi sekaligus yang berjarak kurang dari 40 jam, dengan mengirimkan tiga satelit ke orbit Bumi. Ini menjadi sinyal bahwa China sangat serius dalam eksplorasi luar angkasa, bersaing dengan Amerika Serikat (AS), Rusia, dan Eropa.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1482 seconds (11.252#12.26)